Breaking News:

Berita Banjarbaru

BPBD Banjarbaru Waspadai Bencana Banjir, Anggota TRC dan MPA Turut Disiagakan

BPBD Banjarbaru, Kalsel, libatkan anggota Tim Respons Cepat dan Masyarakat Peduli Api untuk ikut bantu dalam penanggulangannya.

BANJARMASINPOST.CO.ID/APRIANTO
Perahu karet yang telah disiapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, antisipasi siaga banjir saat penghujan, Senin (14/12/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Curah hujan yang cukup tinggi menjadi perhatian serius Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Pelaksana BPBD Banjarbaru, Zaini Syahranie, mengatakan pihaknya selalu siaga untuk antisipasi musibah bencana banjir di wilayah Kota Banjarbaru.

"Tim kita sudah siap siaga, baik personel maupun peralatan untuk antisipasi musibah banjir," katanya, Senin, (14/12/2020).

Disebutkannya, personel Tim Respons Cepat (TRC) juga disiagakan. Termasuk memberdayakan Masyarakat Peduli Api (MPA) tiap kelurahan.

"Anggota MPA di tiap kelurahan juga sudah diminta untuk waspada terkait situasi saat ini. Demikian juga warga Banjarbaru juga harus selalu waspada saat hujan turun deras," ujarnya.

Baca juga: Usai Pilkada, Satpol PP Kota Banjarbaru Sosialisasi Protokol Kesehatan di Cempaka

Baca juga: Rencanakan Bentuk Dua Kodim Baru di Banjarbaru dan Balangan, Danrem Sebut Tunggu Keputusan Pusat

Sebagai bentuk persiapan dan antisipasi, Perahu Karet dan puluhan pelampung sudah disiapkan BPBD Kota Banjarbaru.

"Kami ada dua perahu karet, puluhan pelampung dan 25 personel khusus untuk penanganan bencana di Kota Banjarbaru," lanjutnya.

Tiap kelurahan juga ada personel MPA yang diminta juga membantu dan waspada dengan situasi saat ini.

Saat ada kejadian, diminta mereka supaya cepat melaporkan kondisi yang terjadi ke BPBD Banjarbaru agar bisa segera ditangani.

Lokasi yang rawan Banjir di wilayah Kota Banjarbaru, dikatakan Zaini yakni wilayah Cempaka, Sungai Tiung dan Guntung Payung.

Baca juga: Danrem 101/Antasari Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Denzipur 8/Gawi Manuntung

Baca juga: Hari HAM Sedunia, 10 Daerah di Kalsel Dapat Penghargaan dari Kemenkumham

Sebelumnya, saat Sabtu (12/12/2020) , hujan deras beberapa membuat beberapa kawasan di Kelurahan Cempaka dan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka tergenang. 

Untuk ketinggiannya kurang lebih mencapai 30 sentimeter dan air cepat surut kembali. Setelah hujan reda, genangan juga mulai turun. Warga sekarang juga sudah beraktivitas seperti biasanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved