Pilkada Kalsel 2020

Kantongi Form C Hasil dan Form D Se-Kalsel, Tim Paslon BirinMu Umumkan Kemenangan di Pilgub

Tim pemenangan BirinMU umumkan sebagai pemenang pada Pilkada Kalsel 2020 dengan memperoleh 50,24 persen.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ACHMAD MAUDHODY
Tim Pemenangan Paslon Paman BirinMu mengumumkan kemenangan berdasar data form C hasil dan Form D hasil se-Kalsel dalam konferensi pers di Banjarmasin, Senin (14/12/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mengantongi seluruh formulir C hasil penghitungan di tingkat TPS dan formulir D hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan se-Kalsel, Ketua Tim Pemenangan Paslon Nomor Urut 1 Pilgub Kalsel H Sahbirin Noor-H Muhidin (Paman BirinMu), M Rifqinizamy Karsayuda, mengumumkan kemenangan. 

"Paman Birin dan H Muhidin memenangi Pilgub Kalsel dengan persentase 50,24 persen melawan 49,76 persen. Kami menang di Kabupaten Balangan, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala atau Batola, Kabupaten Tanah Bumbu atau Tanbu dan Kabupaten Tapin," sebutnya. 

Hal ini disampaikannya dalam konferensi pers di Hotel Rattan Inn, Jalan A Yani Kilometer 6, Banjarmasin, Senin (14/12/2020).

Di hadapan tumpukan kotak-kotak berisi formulir C hasil dan formulir D hasil dari seluruh TPS dan seluruh kecamatan di Kalsel, Rifqi menegaskan, klaim kemenangannya didasarkan pada data yang sah dan diakui oleh peraturan perundang-undangan. 

Karena itu, kata dia, pihaknya berani untuk mengumumkan kemenangan Paslon Paman BirinMu dan bertanggung jawab atas data-data yang mendasarinya.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: Kasus Positif 14 Ribu Lebih, Total Meninggal 555 Orang

Baca juga: Hari HAM Sedunia, 10 Daerah di Kalsel Dapat Penghargaan dari Kemenkumham

Ditegaskan Rifqi, data formulir C hasil dan formulir D hasil yang dikantongi Tim Pemenangan Paman BirinMu tersebut bisa direkapitulasi hingga di tingkat kecamatan. Karena, sudah disepakati oleh penyelenggara serta saksi-saksi dari kedua paslon.

Formulir C hasil dan formulir D hasil yang dikantongi, lanjut dia, berasal dari saksi-saksi paslon Paman BirinMu yang bertugas sejak Hari H pemungutan suara di TPS, lalu rekapitulasi tingkat kecamatan yang sudah berlangsung, hingga seterusnya i rekapitulasi di tingkat provinsi.

"Ada 1 kecamatan, di Kecamatan Martapura Kota di Kabupaten Banjar yang masih berlangsung dan 7 TPS yang terpaksa ditunda karena persoalan data tambahan pemilih khusus untuk pilbup. Tetapi kami telah mendapatkan kesimpulan terkait rekap di sana dan dari 25 kelurahan, semua saksi kami menyatakan tidak ada perbedaan data C1 dengan data rekap D KWK hasil yang telah dilalukan di kecamatan," imbuh Rifqi. 

Dari data yang dipaparkannya, paslon Paman BirinMu memperoleh persentase keunggulan paling besar di Kabupaten Banjar,  yaitu 171.762 suara atau 62,39 persen. 

Lalu di Kabupaten Batola dengan 66.708 suara atau 61,77 persen, Kabupaten Tapin 46.438 suara atau dengan 57,82 persen,  Kabupaten Balangan 35.545 suara atau dengan 51,35 persen, Kabupaten Tanbu 87,827 suara atau dengan 50,05 persen.

Baca juga: Update Penghitungan Suara Pilgub Kalsel, Paslon Paman BirinMu Sementara Unggul Versi SiRekap KPU

Baca juga: Hasil Pilgub Kalsel Tipis, Denny Indrayana Ajak Timnya Bersiap Hadapi Gugatan di MK

Tim Pemenangan Paslon Paman BirinMu, menurutnya, melakukan konferensi pers dan mengumumkan kemenangan berdasarkan data yang konkret agar dapat menghentikan fenomena saling klaim dan perdebatan yang timbul.

"Kami ingin menghentikan klaim dan debat siapa yang menang dan kalah. Perdebatan hanya akan selesai dengan melihat hasil. Kami secara terbuka mengumumkan hasil karena kami memiliki semua bukti terkait seluruh hasil kami berani mempertanggungjawabkan hasil ini," lanjutnya.

Ia juga mengimbau kepada pihak-pihak lain untuk menghentikan cara berpolitk yang membangun argumentasi tanpa data yang valid.

Pada Pilgub Kalsel Tahun 2020 ini, Paslon Paman BirinMu bersaing dengan Paslon Nomor Urut 2 H Denny Indrayana-H Difriadi (H2D).

Sementara itu, hasil penghitungan suara sementara versi Sistem Rekapitulasi Secara Elektronik (SiRekap) KPU, Paslon Paman BirinMu meraih 50,1 persen dan Paslon H2D 49,9 persen.

Baca juga: Dampak Covid-19, Sebanyak 55 Paket Tender Proyek di Kalsel pada 2019 Dibatalkan

Baca juga: Waspadai Lanina Moderat, Pemukiman Terbuka di Kalsel Rawan Terjangan Angin Puting Beliung

Data tersebut merupakan hasil penghitungan dari 7.780 TPS di Kalsel dan diperbrui pukul 18.22 WITA, Senin (14/12/2020).

( Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved