Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Sirekap KPU HSS Tercepat Hitung Hasil Suara Pilgub, Tingkat Partisipasi Pemilih Hanya 58,9 Persen

Sirekap KPU HSS dinyatakan tercepat se-Kalsel dalam melakukan penghitungan hasil perolehan suara. Namun, tingkat partisipasi pemilih hanya 58,9 persen

Diskominfo HSS
Ketua KPU HSS NIda Guslaili Rahmadina 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Ketua KPU Hulu Sungai Selatan, Nida Guslaili Rahmadina menyatakan, tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel di HSS berjalan aman, lancar dan sehat. 

Penyelenggara di tingkat kecamatan dapat menyelesaikan rekapitulasi dengan cepat dan dalam keadaan sehat.

Bahkan, dia menyebut sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) KPU HSS tercepat se-Kalsel dalam melakukan penghitungan hasil perolehan suara.

“Ini berkat perjuangan dan kerjakeras bersama teman-teman PPS,  KPPS, PPK. Pada pukul 22.00 Wita 13 Desember 2020, 100 persen suara sudah selesai dihitung, dan tayang di Sirekap. Jadi kita menempati urutan pertama dari 13 kabupaten/kota Sirekap se-Kalsel  yang selesai 100 persen dan masuk 9 besar se-Indonesia,”ungkap Nida.

Baca juga: Pilbup Kotabaru 2020 - Pertanyakan Hasil Suara Pleno KPU, Paslon 2BHD Tempuh Jalur Gugatan ke MK

Baca juga: Partisipasi Pemilih pada Pilgub Kalsel 2020 di Kabupaten Batola Menurun Drastis

Baca juga: Jadwal Cuti Bersama Desember 2020 Mulai Tanggal 24-27 Desember dan 31 Desember

Diapun menyampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak. Khususnya kata Nida, Pemkab HSS, TNI/Polri, Bawaslu, Stakeholder terkait yang telah mendukung KPU selama proses tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel.

“Hanya dengan balasan do’a kebaikanlah semua proses yang kita tunggu-tunggu 9 Desember bisa dilalui dengan segala kendala dan dinamikanya,” ungkapnya.

Disebutkan, tantangan yang dihadapi KPU adalah meyakinkan masayarakat untuk memberikan hak suara atau pilihnya di Pilkada yang akan datang.

Karena menurutnya di Pilkada 2020 ini dalam suatu kondisi masyarakat yang enggan menggunakan hak pilihnya.

Diakui, saat hari H pemungutan suara Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Kalsel, angka partisipasi masyarakat hanya 58,09 persen.

“Secara urutan partisipasi pemilih di Kabupaten HSS di urutan ke 8 dari 13 Kabupaten /kota di Kalsel. Berbagai cara sudah kami lakukan. Tai inilah tantangan ke depan. Kami sebagai penyelenggara Pemilu, berupaya mengajak dan meyakinkan masyarakat menggunakan hak pilihnya. Ini menjadi catatan untuk evaluasi bagi kami ke depan,” ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved