Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Cabup Burhanudin Sebut Desakan Masyarakat Supaya Gugat Hasil Pilbup Kotabaru 2020 ke MK

Calon Bupati Burhanudin mengaku gugat hasil Pilbup Kotabaru 2020 di MK karena desakan masyarakat dan tidak ada menyuruh himpun dana untuk membiayainya

BANJARMASINPOST.CO.ID/HELRIANSYAH
Relawan serta pendukung calon bupati dan wakil bupati Ir Burhanudi dan Drs H Bahrudin MAP atau Burhanudi-Bahrudin (2BHD) sedang menghitung uang donasi masyarakat di kawasan Jalan Wiramartas, arah masuk PPI (Pendaratan Pelelangan Ikan), Kelurahan Kotabaru Hulu, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Kamis (17/12/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Aksi penggalangan dana dilakukan relawan dan simpatisan, sebagai gerakan moral dan hati nurani pendukung paslon Burhanudin-Bahrudin (2BHD).

Kegiatan mereka berlangsung di kawasan Jalan Wiramartas, Kelurahan Kotabaru Hulu, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Kamis (17/12/2020).

Sebelumnya, aksi serupa juga dilakukan relawan dan simpatisan 2BHD di Desa Sengayam, Kecamatan Pamukan Barat. Sekaligus menyampaikan orasi, meminta penyelenggara pemilu bersikap jujur dan adil. 

Aski itu dibenarkan calon bupati (cabup) Burhanudin. Namun, dia menjelaskan, pihaknya tidak pernah mengarahakan mereka untuk melakukan penggalangan dana.

Baca juga: VIDEO Penggalangan Dana untuk Paslon Pilbup Kotabaru 2020 Burhanudi-Bahrudin

Baca juga: Update Covid-19 Kotabaru : Kasus Baru Bertambah 3, Total Positif Kini Capai 648

Diketahui, karena dirinya adalah pasangan dari jalur independan, mulai awal masyarakat membiayai langkahnya maku di Pilbup Kotabaru 2020.

Mulai dari pengumpulan KTP, kata Burhanudin, kemudian kampanye, ketersediaan baliho, alat peraga lainnya,  atribut, kampanye, bahkan sampai ke dana saksi, masyarakat yang bergotong royong.

"Ketika kami dinyatakan kalah, mereka (masyarakat) meminta agar dibawa ke MK," jelas Burhanudin kepada Banjarmasinpost.co.id.

Sempat ada kecurigaan masyarakat, lanjut dia, dikarenakan tidak aidak adanya pergerakan 2BHD. Itu karena, pihaknya sedang menunggu proses dan hasil pleno.

Baca juga: VIDEO Sekda Kotabaru H Said Akhmad Guyur Rokok Senilai Rp 466 Juta dengan Air Sabun

Baca juga: Ketua PCNU Kotabaru Ajak Masyarakat Kembali Bersatu Setelah Pilkada

"Makanya, kami tidak melakukan pergerakan apa-apa. Ketika kami (2BHD) dinyatakan kalah, desakan masyarakat untuk ke MK kuat sekali. Makanya kami tegaskan, supaya mereka jangan resah," jelas Burhanudin.

Sementara itu, diketahui, ekspektasi masyarakat terhadap pilkada serentak ini, tinggi sekali. "Terbukti dari hasil pilkada ini yang mungkin bagi pengamat lain di luar dugaan. Bagi kami, sudah memprediksi bahwa gerakan moral yang dibangun oleh masyarakat," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved