Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

KPU Kalsel Gelar Rapat Pleno Terbuka Pilgub Kalsel 2020, Kini Rekapitulasi Kabupaten Kota Dibacakan

KPU Provinsi Kalsel melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kalsel

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Suasana Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pilgub Kalsel oleh KPU Provinsi Kalsel 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kalsel, Kamis (17/12/2020).

Rapat Pleno Terbuka dipimpin oleh Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji berlokasi di Ballroom, Hotel Golden Tulip, Jalan A Yani Kilometer 2, Banjarmasin. 

Selain Jajaran KPU Provinsi Kalsel, hadir Jajaran Bawaslu Provinsi Kalsel, masing-masing saksi dan perwakilan dari kedua Paslon Peserta Pilgub Kalsel Tahun 2020, perwakilan Kesbangpol Provinsi Kalsel serta pihak terkait lainnya. 

Rekapitulasi dilaksanakan dengan pembacaan hasil rekapitulasi dan penetapan oleh masing-masing KPU dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel. 

Baca juga: KPU Banjar Tetapkan Hasil Pilgub Kalsel 2020, Sahbirin-Muhidin Unggul

Baca juga: Tingkat Partisipasi Pemilih Tabalong untuk Pilgub Kalsel 2020 Hanya 55, 24 Persen

Baca juga: Paslon Pilgub Kalsel 2020 H Denny-H Difri Sebut Pihaknya Layak Menang

Dimana hasil rekapitulasi tingkat kabupaten/kota disimpan dan disegel dalam salah satu kotak suara untuk dibuka saat rekapitulasi tingkat Provinsi Kalsel. 

Pembacaan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten/kota dimulai oleh KPU Kabupaten Tabalong, diikuti KPU Kabupaten Hulu Sungai Utara. 

Pembacaan hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Tabalong berjalan lancar dan tidak ada sanggahan dari saksi kedua Paslon maupun Bawaslu Kalsel sehingga dapat ditetapkan. 

Sedangkan rekapitulasi Kabupaten Hulu Sungai Utara mendapat sedikit koreksi dari Bawaslu Kalsel. 

Namun, KPU Kabupaten Hulu Sungai Utara dapat menjelaskan adanya perbaikan data dan dapat diterima oleh semua pihak dan selanjutnya ditetapkan. 

Hingga berita ini ditulis, pembacaan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten/kota yang dimuat dalam Formulir D Hasil masih terus berlangsung oleh masing-masing KPU kabupaten/kota. 

Sebelumnya, sempat ditemui sebelum Rapat Pleno Terbuka dimulai, Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji menyatakan rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten/kota sudah rampung dilaksanakan seluruhnya. 

Baca juga: Lagi, Denny Indrayana Ungguli BirinMU, Rekapitulasi Pilgub Kalsel di HST H2D Raih 55,7 Persen

Baca juga: Sah Hasil Pilgub Kalsel 2020, Denny Indrayana-Difriadi Unggul Perolehan Suara di Banjarmasin

KPU Kabupaten Banjar kata Sarmuji menjadi KPU tingkat kabupaten/kota yang paling akhir menyampaikan hasil rekapitulasinya. 

"Sampai jam 3 pagi Kamis (17/12/2020) Kabupaten Banjar beru selesai," kata Sarmuji. (banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody) 

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved