Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Dua Paslon Kalah Pilkada Banjar Siap-siap Gugat Hasil ke MK

Sejumlah dugaan pelanggaran dan indikasi kecurangan pada pelaksanaan pemungutan suara Pilbup Banjar menjadi bahan utama untuk sengketa ke MK

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Setelah sempat menolak menandatangani hasil pleno dan menyatakan ada kecurangan saat pemungutan suara Pilbup Banjar kemarin, dua pasangan calon yang kalah suara di Pilbup Banjar yakin untuk bersengketa di MK.

Tim Hukum Pasangan Calon (Paslon) Bupati Banjar nomor urut dua Andin Sofyanoor dan Syarif Busthomi, Supiansyah Darham Jumat (18/12/2020) mengatakan saat ini sedang menyiapkan sejumlah berkas dan bahan untuk gugatan ke MK.

Sejumlah dugaan pelanggaran dan indikasi kecurangan pada pelaksanaan pemungutan suara Pilbup Banjar menjadi bahan utama untuk sengketa ke MK.

Baca juga: Gegara Lagu Syahrini, Asmara Kontestan Indonesian Idol Ini Dikulik Maia Estianty

Baca juga: Saksi Paslon H2D Berencana Tak Tandatangani Hasil Rekap Pilgub Kalsel, Begini Alasannya

Baca juga: Komentar Lutfi Agizal Kala Rizky Billar dan Lesti Kejora Go Public Disorot, Mantan Salsha: Haram

Permohonan gugatan ke MK jelas Supiansyah akan selesai pada hari ini juga.

"Insyaallah nanti malam selesai, dan langsung dikirim dan didaftarkan secara online dan menunggu sidang di MK," ujarnya.

Sebelumnya saat penetapan hasil pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara saksi Paslon dua, Manhuri juga tak mau tandatangan dan menolak hasil pleno.

Terangnya ada dugaan kecurangan terjadi, bahkan menurutnya pleno yang digelar KPU Banjar cacat secara formil dan materil.

Indikasi pelanggaran ia paparkan terjadi seperti jumlah pemilih melebihi DPT dan itu terpantau di sejumlah desa di Kecamatan Sambung Makmur, misalnya di Desa Batang Banyu, Desa Madurejo, Batu Gunung, Baliangin dan lainnya.

Tak berbeda dengan Paslon dua, Paslon tiga Rusli dan Fadlan Asy'ari juga akan melakukan gugatan ke MK.

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved