Breaking News:

Penangkapan Teroris

Beginilah Cara Hidup Upik Lawanga Selama 14 Tahun Buron, Teroris Berjuluk Profesor Murid Dr Azhari

Upik Lawanga ternyata adalah salah satu buron teroris yang paling dicari. Dia dikenal sebagai murid kesayangan Dr Azhari, tokoh teroris asal Malaysia

tangkap layar Kompas tv
Petugas Detasemen Khusus (Densus) 88 membawa terduga teroris Taufik Bulaga alias Upik Lawanga dari Lampung setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (16/12/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Taufik Bulaga alias Upik Lawanga menjadi salah satu dari 23 tahanan tersangka terorisme yang dipindahkan dari Mako Brimob Polda Lampung ke Jakarta menggunakan pesawat terbang, Rabu (16/12/2020). 

Sebelumnya, Upik Lawanga ditangkap Tim Densus 88 Antiteror Polri, di Kampung Sribawono, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah.

Sosok Upik Lawanga ternyata adalah salah satu buron teroris yang paling dicari. Dia dikenal sebagai murid kesayangan Dr Azhari, tokoh teroris asal Malaysia yang telah ditembak mati di Batu, Jawa Timur, pada 2005.

Baca juga: Sosok Upik Lawanga, Tokoh Jamaah Islamiyah Berjuluk Profesor Perakit Bom yang Ternyata Penjual Bebek

Baca juga: Pernyataan Presiden Jokowi Soal Kasus FPI dan Terorisme di Sigi: Hukum Harus Ditegakkan

Buronan kelas kakap kelompok terorisme Jamaah Islamiyah (JI) itu dikenal dengan dalam merakit bom dan senjata.

Upik Lawanga masuk dalam daftar buronan Polri sejak 2006.

Selama 14 tahun menjadi buronan polisi, ia kerap berpindah-pindah.

Upik Lawanga diketahui sempat berada di Makassar, Surabaya, Solo hingga akhirnya menetap di Lampung disembunyikan Kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Petugas Detasemen Khusus (Densus) 88 membawa terduga teroris Taufik Bulaga alias Upik Lawanga dari Lampung setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (16/12/2020).
Petugas Detasemen Khusus (Densus) 88 membawa terduga teroris Taufik Bulaga alias Upik Lawanga dari Lampung setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (16/12/2020). (tangkap layar Kompas tv)

Upik Lawanga diketahui pernah terlibat dalam pelatihan militer kepada pemuda muslim Poso pasca konflik Poso pada 2001 lalu.

Total, dia melakukan pelatihan militer sebanyak tiga angkatan pemuda muslim Poso.

Dia juga merupakan peserta pelatihan militer yang dipimpin Abu Tolud, Herlambang, Hasanuddin, dan Dokter Agus.

Halaman
1234
Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved