Breaking News:

Otomotif

Mogok Akibat Kelistrikan, Begini Cara Aman Jumper Aki Mobil

Untuk merawat kondisi aki, selain pemeriksaan air aki, pengguna juga biasakan menghidupkan mobil minimal 5 menit setiap hari.

jip.gridoto.com
Aki mobil 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Akibat pandemi Covid-19, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB), hingga adanya aturan yang sedikit membuat orang ribet saat akan melakukan mobilitas, memang berimbas pada terbatasnya aktivitas masyarakat.

Ujung dari itu semua, membuat mobil akhirnya berdiam diri terlalu lama di dalam garasi yang tanpa disadari berpotensi membuat banyak kerusakan.

Salah satu yang umum terjadi adalah aki mobil yang soak alias tekor, lantaran tak mendapat suplai listrik.

Head od Aftersales & CS Operation Group PT MMKSI Bodiearto mengatakan, usia pakai aki mobil memang kerap tak bisa diprediksi, biasanya pemilik kendaraan akan menyadari ketika mobil tak dapat distarter karena aki melemah.

Baca juga: Pasar Mobil Bekas 2021 Dipresiksi Meningkat, Begini Hasil Studi OLX Autos

Baca juga: Lima Miliarder Dunia Kekayaannya Melonjak Selama Pandemi, Berikut Daftarnya

Namun demikian, sebenarnya ketika aki mobil sudah menunjukkan tanda-tanda melemah, ada beberapa hal yang bisa terjadi atau menjadi indikasi.

Tapi kebanyakan memang diabaikan karena dianggap masih bisa menyala.

"Perawatan aki merupakan hal yang terbilang mudah namun sering luput dilakukan. Untuk merawat kondisi aki, selain pemeriksaan air aki, pengguna juga perlu menghidupkan kendaraan secara rutin minimal 5 menit setiap harinya," ucap Boediarto, dalam keterangan resminya, Jumat (18/12/2020).

"Namun ketika aki mobil sudah soak atau tak lagi mampu menghidupkan mesin dan kelistrikan, maka solusi yang paling cepat adalah dengan melakukan jumper aki. Atau teknik mengalirkan listrik dari aki lain yang masih bagus, ke aki mobil yang bermasalah," kata dia.

Jumper menjadi solusi paling cepat, setidaknya ketika dalam kondisi darurat membuat mobil masih bisa digunakan untuk menuju bengkel terdekat.

Tapi dalam proses pelaksanaannya, tidak banyak masyarakat yang paham atau mengerti cara menjumper akgda aki mobil yang bermasalah.

Halaman
1234
Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved