Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Denny Indrayana Galang Donasi, Bawaslu Kalsel Sebut Tak Punya Kewenangan

Bawaslu Kalsel menyatakan tidak memiliki kewenangan untuk menindaklanjuti lebih jauh penggalangan donasi yang dilakukan Denny Indrayana

Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody
Komisioner Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Kalsel, Azhar Ridhanie 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dimulai saat tahapan rekapitulasi hasil Pilgub Kalsel di tingkat Provinsi Kalsel berlangsung, Cagub Kalsel Paslon Nomor Urut 2, H Denny Indrayana menginisiasi penggalangan donasi bertajuk Gerakan Rp 5.000 Selamatkan Banua Kita. 

Penggalangan donasi yang diakui Denny tujuannya untuk membantu membiayai perjuangannya bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil Pilgub Kalsel tersebut diumumkannya melalui unggahan akun Instagramnya, @dennyindrayana99 pada Kamis (17/12/2020).

Dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id terkait hal ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalsel melalui Komisioner Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran, Azhar Ridhanie menyatakan Bawaslu tidak memiliki kewenangan untuk menindaklanjuti lebih jauh. 

Pasalnya kata Komisioner yang akrab disapa Aldo ini, kewenangan pengawasan Bawaslu terbatas pada penggalangan hingga pelaporan penggunaan dana kampanye dalam masa kampanye saja. 

Baca juga: Denny Indrayana Galang Dana Rp 5 Ribu untuk ke MK, DPMPTSP Sebut Belum Berizin

Baca juga: Selisih Hasil Pilgub Kalsel BirinMU dan Denny Indrayana Dibawah 1 Persen, Bawaslu Persiapkan PHPU

"Ya, Bawaslu tidak mempunyai legal standing dan tidak punya kewenangan untuk mengawasi donasi," kata Aldo kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (20/12/2020).

Sebelumnya, Denny Indrayana menyatakan sudah mengkaji berbagai hal yang diperlukan sebelum mengambil keputusan untuk menginisiasi penggalangan donasi tersebut. 

"Inshaallah kami sudah mengkaji soal penggalangan dana ini, saya sudah bertanya kepada yang mempunyai kewenangan dan semua sudah kita pastikan aman," kata Denny dalam pernyataan yang juga diunggahnya melalui media sosialnya. 

Denny menyatakan, penggalangan dana tersebut dilakukan secara sukarela dan tanpa ada paksaan apapun.

Baca juga: Bersiap Bawa Hasil Pilgub Kalsel ke MK, Denny Indrayana Sudah Kumpulkan Donasi Hampir Rp 60 Juta

"Ini bukan sekedar donasi tapi lebih pada itu adalah pendidikan politik yang penting. Supaya kita paham bahwa memang politik kita itu pasti butuh biaya, tapi cara caranya harus dilakukan dengan model yang tepat amanah dan bertanggungjawab," kata Denny. (banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody) 

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved