Breaking News:

Advertorial Bank Kalsel

Pacu Perekonomian Daerah, Bank Kalsel Tawarkan Konsep EKD

konsep ekosistem keuangan daerah (EKD) dapat memberikan benefit bagi masyarakat luas yang terlibat langsung maupun tidak langsung.

Penulis: Mariana | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/mariana
Dirut Bank Kalsel Agus Syabarrudin 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Direktur Utama (Dirut) Bank Kalsel, Agus Syabarrudin, optimistis konsep Ekosistem Keuangan Daerah (EKD) bakal mampu memacu kencang nadi perekonomian di Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Karena kinerja konsep ini melingkupi berbagai entitas di daerah baik itu pemerintah daerah, perangkat daerah, perusahaan daerah dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), lembaga jasa keuangan daerah maupun pihak ketiga seperti vendor, supplier dan konsultan yang saling berjalin berkelindan dalam rangka menunjang pengelolaan keuangan daerah agar lebih efektif dan efisien dan mendatangkan manfaat sebesar-besarnya bagi daerah.

Hal itu diungkap Agus Syabarrudin, guna menjawab adanya arahan Presiden RI berkaitan diluncurkanya roadmap Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) 2021-2025 pada Rakornas, beberapa waktu lalu.

Agus menyakinkan, konsep ekosistem keuangan daerah (EKD) dapat memberikan benefit bagi masyarakat luas yang terlibat langsung maupun tidak langsung.

Benefit bagi pemerintah daerah :

1. EKD dapat mendukung penatakelolaan keuangan daerah yang lebih baik dan transparan.

2. Baik secara langsung maupun tidak langsung dapat memperbesar kebermanfaatan keuangan daerah bagi daerah, baik dalam bentuk pengembalian berupa pendapatan daerah yang lebih besar maupun belanja daerah yang lebih efisien.

3. Pemantauan dan monitoring keuangan daerah yang lebih teratur dan tertata mempermudah dalam pelaksanaan pengawasan keuangan daerah.

4. Memperbesar penerimaan pendapatan daerah dari peningkatan bisnis Lembaga Jasa Keuangan Daerah maupun Badan Usaha Milik Daerah lainnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved