Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Tim AnandaMu Ajak Masyarakat Laporkan Kejanggalan Pilwali Banjarmasin 2020

Paslon AnandaMu menolak hasil Pilwali Banjarmasin 2020 dan akan mengajukan gugatannya ke Mahkamah Konstitusi.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kota Banjarmasin untuk pemilihan Gubernur-Wakil GubernurKalimantan Selatan, serta Wali Kota-Wakil Wali Kota, beberapa waktu lalu. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tim pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hj Ananda-H Mushaffa Zakir (AnandaMu), memutuskan akan mengajukkan gugatan terkait hasil pleno rekapitulasi surat suara di Pilkada Banjarmasin 2020 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Terkait dengan rencana mengajukkan gugatan tersebut, Calon Wali Kota Hj Ananda pun membeberkan salah satu alasan mengambil langkah tersebut.

Hal ini pun dibeberkan oleh Hj Ananda melalui akun instagramnya, yakni @hj.ananda dengan memposting beberapa flyer.

"Assalamualaiku'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kami tim Ananda-Mushaffa menolak menandatangani hasil pleno Pilkada Kota Banjarmasin 2020 demi menegakkan pemilu yang adik jujur dan rahasia, pihak kami menemukan kejanggalan adanya jumlah kertas surat suara terpakai yang lebih banyak daripada jumlah daftar hadir di TPS. Untuk itu kami akan melakukan gugatan ke MK," bunyi tulisan dalam flyer tersebut.

Masih di dalam tersebut, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk memberitahukan apabila ada menemukan kejanggalan lainnya pada Pilwali Banjarmasin 2020.

Baca juga: Pilkada Berjalan Lancar, Angkatan Muda Sabilal Muhtadin Banjarmasin Gelar Doa Bersama

Baca juga: Gelar Pasukan Operasi Lilin Intan 2020, Kapolresta Banjarmasin Intruksikan THM Tutup

"Bila pian-pian (Anda, red) menemukan kejanggalan lain kami harap pian bersedia memberitahu kami melalui WhatsaApp 081256232020. Kami akan melindungi dan merahasiakan identitas pian. Terima kasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh," tambahnya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Ketua Tim Pemenangan AnandaMu, yakni Hendra, tidak menampiknya.

Hanya saja Hendra enggan memberikan banyak komentar, dan mengarahkan untuk mengkonfirmasinya ke tim hukum AnandaMu. "Iya, benar dan sudah ditangani oleh tim hukum. Tunggu saja rilisnya, ya," tutupnya.

Sebelumnya, KPU Kota Banjarmasin menetapkan paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor urut 2, yakni H Ibnu Sina-H Arifin Noor meraih suara terbanyak. Sesuai hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota Banjarmasin, mereka memperoleh  90.980 suara.

Disusul paslon nomor urut 4 Ananda-Mushaffa Zakir sebanyak 74.154 suara. Kemudian paslon nomor urut 1 Abdul Haris Makkie-Ilham Nor sebanyak 36.238 suara dan terakhir paslon nomor urut 3 Khairul Saleh-Habib Ali meraih 31.334 suara.

Baca juga: Warga di Pelambuan Banjarmasin Geger, Bibi Temukan Jasad Ponakan Dalam Rumah

Baca juga: Tanker Tabrak Tugboat di Sungai Barito Banjarmasin, 11 Korban Dilarikan ke Rumah Sakit

Tim dari paslon nomor urut 4 pun enggan untuk menandatangani, hasil rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota Banjarmasin tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved