Breaking News:

Penanganan Covid 19

Cegah Covid-19, Dinkes HSU Ambil 600 sampel untuk pemeriksaan Swab

Dari target awal akan melakukan pemeriksaan sebanyak 200 sampel ,hingga 30 Desember 2020 sudah dilakukan pengambilan 450 sampel.

banjarmasinpost.co,id/reni kurniawati
Pengambilan sampel pemeriksaan swab di HSU. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Dihari terakhir dilaksanakannya layanan Swab gratis di Dinas Kesehatan HSU dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari hingga Kamis (31/12/2020) ini menjadi salah satu upaya dalam pencegahan penyebaran Covid 19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU Danu F Fotohena mengatakan antusias masayarakat sangat besar untuk mengikuti swab cukup tinggi.

Dari target awal akan melakukan pemeriksaan sebanyak 200 sampel ,hingga 30 Desember 2020 sudah dilakukan pengambilan 450 sampel.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: 66 Orang Positif, Terbanyak dari Kabupaten Tala

Baca juga: Update Covid-19 Kotabaru : Akhir Tahun Warga Terpapar Bertambah 3 Orang, Total 680 Orang

"Perkiraan, total akan melakukan pengambilan sampel sebanyak 600 sampel,"sebutnya.

Menurutnya, Ini bagian dari upaya tracking kepada orang yang kontak dengan pasiean positif atau dengan orang yang suspect.

Danu juga mengatakan, pelaksanaan swab test gratis ini dilakukan oleh tenaga profesional dengan peralatan sesuai standar, sehingga sangat cepat serta hasilnya bisa diketahui paling lama 2 hari.

"Alat Lab PCR-nya ada di Rumah Sakit Pembalah Batung, biasanya selesai pengambilan swab langsung dipacking, dilabel, kemudian langsung dibawa ke rumah sakit Pambalah Batung," tutur Danu.

Ia menambahkan, kedepannya Dinas Kesehatan HSU berencana akan terus melakukan swab gratis untuk masyarakat di HSU untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Baca juga: Update Covid-19 Batola, 12 Positif Terpapar Didominasi dari Marabahan

Ini dilakukan, mengingat berdasarkan data dari Dinas Kesehatan HSU dari 23 November sampai 23 Desember ada tren peningkatan yang cukup signifikan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menekan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di HSU," ujarnya. (

banjarmasinpost.co.id/reni Kurniawati)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus Corona. Banjarmasinpost.co.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat Pesan Ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
 

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved