Breaking News:

HSU Mantap

BPN HSU Bagikan Ratusan Sertipikat Tanah, Bupati Imbau Masyarakat Bijak Manfaatkan Sertipikat Tanah

BPN kembali menyerahkan ratusan sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Syaiful Akhyar
Pemkab HSU
Penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI -  Badan Pertanahan Nasional (BPN) kembali menyerahkan ratusan sertipikat tanah secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Penyerahan sertipikat tanah itu seiring dilaksanakannya penyerahan sertipikat tanah serentak Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo di awal 2021.

Kepala BPN Kabupaten HSU, Crispius Joko Sriyanto di Amuntai, mengatakan untuk HSU dibagikan sebanyak 412 sertipikat tanah untuk tahap ini.

Acara penyerahan sertipikat tanah serentak nasional di Kabupaten HSU
Acara penyerahan sertipikat tanah serentak nasional di Kabupaten HSU (Pemkab HSU)

"Secara simbolis pada hari ini kita serahkan 20 sertipikat tanah, tersisa 4550 sertipikat yang belum dibagikan," ujar Crispius.

Crispius mengatakan, total pihak BPN HSU sudah mengerjakan sebanyak 7050 sertipikat tanah selama 2020.

Dikatakan, setiap tahunnya BPN HSU menargetkan sebanyak 15.000 sertipikat untuk dibagikan kepada masyarakat agar target yang diingin Presiden Jokowi tercapai di 2025.

Namun pada 2020 kemaren pihak BPN terkendala adanya pandemi Covid-19 sehingga pengukuran tanah baru bisa dilakukan akhir 2020.

"Januari 2021 ini kita bagikan kembali sebanyak 7050 sertipikat untuk 2501 bidang tanah dan sudah dibagikan sertipikatnya kepada Masyarakat HSU," ujar Crispius.

Penyerahan sertipikat dilakukan Bupati HSU H Abdul Wahid HK kepada 20 orang warga di Mess Negara Dipa Amuntai seiring mengikuti Video Conference penyerahan sertipikat tanah secara Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi dalam sambutannya mengatakan, sebanyak 584.407 serifikat diserahkan serentak pada hari itu di 26 provinsi/ 273 kabupaten dan kota se-Indonesia.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK berharap masyarakat yang sudah menerima sertipikat dapat memberikan pemahaman kepada yang lainnya bahwa pembuatan sertipikat benar-benar gratis dan tidak dipersulit.

"Sertifikat yang sudah dimiliki diharapkan bisa dijaga dengan baik dan dimanfaatkan dengan bijak, dan bagi yang belum bisa segera ikut dalam program ini, dan" ujarnya. 

Salah seorang penerima sertipikat H Ahsanul Fuad membenarkan bahwa dirinya gratis membikin sertipikat tanah. Ia mengaku senang karena tanah tempat ia tinggali bersama keluarga sudah bersertipikat.

Hadir pula mengikuti Video Conference penyerahan sertipikat tanah serentak oleh Presiden tersebut yakni Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari dan Pejabat Forkopimda. (AOL/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved