Breaking News:

Techno

Jack Ma Menghilang, Tidak Ditangkap Sengaja Menghindari Publik

Dua bulan lamanya tak muncul di hadapan publik, banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa pendiri Alibaba, Jack Ma, telah "hilang".

Bloomberg
Bos Alibaba Group, Jack Ma (51) memiliki total kekayaan US$ 26,3 miliar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lama menghilang. Dua bulan lamanya tak muncul di hadapan publik, banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa pendiri Alibaba, Jack Ma, telah "hilang".

Miliarder miliarder asal China itu berembus setelah ia melontarkan kritikan pedas pada Pemerintah China.

Namun, dugaan tersebut belakangan ditepis oleh jurnalis CNBC David Faber.

Menurut Faber yang mendapat informasi dari sumber anonim, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (6/1/2021), Ma bukannya menghilang, melainkan sedang sengaja menghindari sorotan publik.

Baca juga: Tik Tok Digugat Anak Berusia 12 Tahun, Pengadilan Tinggi Inggris Nyatakan Bersalah

Baca juga: Melawan Petugas, Dua Teroris di Makassar Tewas Ditembak Polisi

"Dia tidak ditangkap. Ini bukan situasi seperti Chairman Wu," kata Faber dalam acara CNBC Tuesday, mengacu pada bos Anbang Insurance yang divonis 18 tahun penjara pada tahun 2018.

Baca juga: Donald Trump Larang Aplikasi Pembayaran Asal China Beroperasi, Total 8 Buah

Lalu, di manakah Jack Ma sekarang? Faber mengatakan bahwa bos Alibaba itu kemungkinan besar berada di Kota Hangzhou, lokasi markas perusahaan tersebut.

Ma santer diberitakan hilang karena sudah dua bulan tidak terlihat di muka publik. Dia dilaporkan terakhir kali muncul pada akhir Oktober lalu.

Kicauan terakhirnya di Twitter pun diunggah pada bulan yang sama. Padahal, ia dikenal sebagai sosok yang rutin membagikan beberapa twit dalam satu hari.

Hilangnya Ma menjadi makin mencolok setelah tak menghadiri final acara Africa's Business Heroes, sebuah reality show bikinan dia sendiri. Posisinya sebagai juri digantikan oleh seorang eksekutif Alibaba.

Dalam sebuah keterangan, pihak Alibaba mengatakan bahwa Ma terpaksa diganti karena masalah waktu. "Karena jadwalnya berbenturan, Bapak Ma tidak lagi menjadi juri dalam final Africa’s Business Heroes," ujar Alibaba.

Jack Ma
Jack Ma (businessweek)
Halaman
12
Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved