Breaking News:

Berita Tanahlaiut

Dapur Umum Didirikan untuk Layani Makan bagi Korban Banjir di Kurau Kabupaten Tala

Dapur umum didirikan di halaman Kantor Kecamatan Kurau, Kabupaten Tala, Provinsi Kalsel, melayani warga yang rumahnya kebanjiran.

MARLIANA PMI KABUPATEN TALA UNTUK BPOST GROUP
Personel PMI Kabupaten Tanah Laut (Tala) bersama pihak terkait dan relawan-bahu membahu saat memasak makanan untuk korban banjir di Benuaraya dan sekitarnya, Kecamatan Batibati, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Meluasnya banjir yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), menjadi perhatian khusus pemerintah daerah setempat serta pihak terkait lainnya.

Langkah cepat yang dilakukan, yakni mendirikan Dapur Umum. Saat Minggu (10/1/2021), dapur umum didirikan di Desa Benuaraya, Kecamatan Batibati.

"Alhamdulillah pagi tadi pihak PMI Tala sudah mendirikan dapur umum dan langsung memasak untuk para korban banjir," sebut Camat Kurau, M Anang Pandi, Senin (11/1/2021).

Dapur umum tersebut didirikan di halaman kantor kecamatan setempat. "Ini rencananya dari pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Tala juga akan segera mendirikan dapur umum," sebutnya.

Baca juga: Genangan di Perbatasan Gunungraja-Benuaraya Tala Kian Dalam, Pengalihan Lalu Lintas Berlanjut

Baca juga: Kebanjiran, Sebagian Warga Gunungraja Kabupaten Tala Mengungsi

Ia menuturkan, data sementara rumah warganya yang terpapar banjir sekitar 550 buah. Paling parah di Desa Kalibesar dan Handilnegara. Desa lainnya yang juga kebanjiran, Kurau, Padangluas hingga Malukabaulin.

Sementara ini, kata Pandi, belum ada korban banjir yang mengungsi. Masing-masing umumnya masih bertahan di rumah. Ada juga beberapa warga yang ngungsi ke rumah sanak kerabat saat malam.

Meski begitu, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah tempat untuk penampungan jika sewaktu-waktu diperlukan. Di antaranya, lapangan badminton di Desa Padangluas milik tokoh masyarakat setempat.

"Rencananya, kami mengevakuasi warga korban banjir yang lansia dan yang hendak melahirkan. Ini masih kami komunikasikan dengan pihak keluarga apakah bersedia atau tidaknya," tandas Pandi.

Baca juga: VIDEO Jalan Trans Kalimantan di Batibati Kabupaten Tala Terendam Lagi

Baca juga: VIDEO Pengendara Berhati-hati Lintasi Banjir di Jalur Banjarbaru ke Kabupaten Tala

Sementara itu, dapur umum di Desa Benuaraya telah lebih dulu didirikan. Kru PMI Tala juga telah sibuk memasak sejak Minggu sore hingga malam.

Pihak-pihak terkait juga bahu-membahu. Termasuk dari Majelis Taklim Baratib Ba'amal. Mereka juga membuka pintu donasi bagi kalangan dermawan guna membantu ratusan korban banjir setempat dan sekitarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Tala H Muh Kusry ketika dihubungi mengatakan pihaknya juga segera mendirikan dapur umum di Kecamatan Kurau.

(Banjarmasinpost.co.id/Roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved