Berita Banjar

Gerakan Literasi Desa Belangian Banjar, Dispersip Kalsel Gandeng TNI Polri dan Uniska Banjarmasin

Dispersip Kalsel kerja sama TNI Polri dan Mahasiswa Uniksa Banjarmasin gencarkan gerakan literasi di Desa Belangian Kecamatan Aranio kabupaten Banjar

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJAR- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak promosikan literasi. 

Bekerja sama dengan TNI, Polri dan Mahasiswa Uniska Banjarmasin gerakan ini akan dimulai 28 hingga 30 Januari 2021 di Desa Belangian, Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. 

Untuk itu dalam rangka persiapan awal untuk wisata literasi ke desa tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Dra Hj Nurliani mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah mau ikut berkonstribusi berhadir di Dispersip dan Depo Arsip Kalsel dalam persiapan pelaksanaan kegiatan wisata literasi. 

Dirinya mengungkapkan, ada sekitar 60 hingga 70 orang dari TNI, Polri, Mahasiswa Uniska serta rekan media yang turut serta bersinergi bersama-sama untuk Kalimantan Selatan cerdas. 

Baca juga: Bocah Tenggelam Ditemukan Mengapung di Sawahan Pelaihari Tanahlaut, 3 Km dari Lokasi Terpeleset

Baca juga: Pria Asal Surabaya Ditemukan Tak Bernyawa di Rumah Kontrakannya di Kompleks Handayani Banjarmasin

Bunda Nunung meminta masukan kepada rekan TNI, Polri, rekan mahasiswa, dosen serta rekan media terkait literasi untuk meminjamkan buku untuk anak-anak yang ada di desa.

"Selain melakukan wisata literasi, Kami juga mengait para mahasiswa dan dosen dari Uniska untuk mengabdi, mengajar dan mengaji yang akan direalisasikan Uniska," Ujar Nurliani Kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (13/1/2021).

Danpos Ranmil Aranio, Ganjar Gunawan mengaku siap mendukung serta membantu mengkoordinasikan selama kegiatan tersebut mulai dari pelaksanaan, pemberangkatan hingga kepulangan.

"Kami siap membantu Dispersip Kalsel terkait literasi ini," Ujar Ganjar.

Senada dengan Kasatbinmas Polres Banjar, Amalia juga ikut menambahkan mengenai gerakan wisata literasi yang di adakan oleh Kadispersip Kalsel itu menyatakan program ini sejalan dengan program yang ditawarkan Polres Banjar seperti mendongeng menggunakan boneka.

Sementara, Dosen Fakultas Studi Islam Uniska Banjarmasin, Abdul Hafiz menyebut pihaknya akan mengadakan kedekatan dengan masyarakat dan anak-anak serta memberikan materi-materi pembelajaran, memberikan materi tentang Al Quran dan buku-buku agama yang mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat.

(banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved