Breaking News:

Berita HSS

Lima Formasi Sarjana Pendamping Desa Lowong, 315 Orang Ikut Seleksi di SMAN 3 Kandangan

Sarjana pendamping desa untuk membantu aparat dan warga desa serta kelurahan di Kabupaten HSS untuk menjalankan program pembangunan.

BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
SMAN 3 Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, Senin (16/3/2020), 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Posisi lima sarjana pendamping desa yang lowong sejak beberapa waktu lalu, kini sudah memasuki seleksi tertulis.

Posisi itu lowong sejak lima orang petugasnya ada yang diterima sebagai CPNS dan terpilih sebagai anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Agar posisi sarjana pendamping terisi, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial melaksanakan seleksi tertulis di SMAN 3 Kandangan, Selasa (12/1/2021).

Seleksi tertulis ini diikuti 315 orang. Seorang peserta seleksi samping desa, Rudy Ramadhani Rosady, mengatakan, tes yang dilaksakan cukup susah.

Dibeberkannya, ia tes pada sesi kedua. Guru honorer di SMPN 1 Padang Batung ini mengaku terpanggil untuk mengabdi kepada desa dan masyarakat.

Baca juga: AF Hantam Mantan Istri Siri Gunakan Balok Kayu, Diringkus Saat Melarikan Diri ke Kandangan HSS

Baca juga: Kabupaten HSS Telah Terapkan PPKM, Kegiatan di Tempat Umum Dikurangi

Bahkan untuk mengikuti seleksi, Rudy belajar khusus. Malah, sering melakukan sharing dengan sang istri yang merupakan aparatur desa.

"Sarjana pendamping desa ini lingkupnya masalah sosial. Istri saya merupakan perangkat desa selama dua tahun. Selama dua tahun itu pula kami sering bertukar pikiran. Kalau belajar khusus tes, saya lakukan dalam sepekan terakhir," jelasnya.

Ia berharap kerja kerasnya terbayar dengan lulus pada seleksi kali ini. "Soalnya ada 50 dengan pilihan ganda. Dijawab selama 60 menit. Soal seputar pasal-pasal, kewarganegaraan dan PKN, termasuk tentang desa," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSS, Nordiansyah mengatakan seleksi sarjana pendamping desa dilakukan karena ada 5 orang di tahun 2020 yang mengundurkan diri karena lulus CPNS dan menjadi anggota BPD.

Halaman
12
Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved