Breaking News:

Weekly Animal

WEEKLY ANIMAL - Serunya Menunggangi Kerbau Rawa di Benuaraya Kabupaten Tala

Wisata di rawa-rawa sekaligus menunggangi kerbau rawa di Desa Benuaraya, Kecamatan Batibati, Kabupaten Tala, Provinsi Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FUAD
Reporter Banjarmasinpost.co.id, Kristin Juli, saat akan menunggangi kerbau rawa di Desa Benuaraya, Kecamatan Batibati, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Menyaksikan keseruan Kerbau rawa, disempurnakan oleh pemandangan gunung dan areal persawahan, dapat ditemui di Provinsi Kalimantan Selatan.

Wisatawan bisa menikmati suasana itu di Desa Benuaraya, Kecamatan Batibati, Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Diketahui, Kabupaten Tala yang mempunyai banyak potensi objek wisata, salah satunya adalah wisata rawa di Desa Benuaraya tersebut.

Di Areal seluas sekira 260 hektare, terdapat kumpulan Kerbau Rawa dengan jumlah sekitar 400 ekor yang dikelola dan dikembangbiakan oleh Kelompok Tani Suka Maju.

Reporter Banjarmasinpost.co.id pun menyusuri rawa tempat Kerbau Rawa dimaksud.

Baca juga: WEEKLY ANIMAL - Kura-kura Purba Jenis RES dan CST, Common Snapping Turtle Lebih Agresif

Baca juga: VIDEO WEEKLY ANIMALS, Dog Shelter Pertama di Kalimantan Selatan

Lantaran sedang musim hujan, maka kawasan di sana berubah menjadi rawa-rawa yang ketinggian airnya sekira 1 meter.

Maka dari itu, untuk mencapai lokasi Kerbau Rawa, memerlukan alat transportasi. Perahu mini pun telah disiapkan oleh para pengasuh kerbau di sana.

“Kerbau di Benuaraya ini merupakan jenis kerbau rawa yang kehidupannya dominan berada di air. Sekitar 8 bulan di rawa-rawa dan 4 bulan di daratan,“ ujar Mukaromah, peternak Kerbau Rawa, kepada Banjarmasinpost.co.id.

“Kerbau Rawa makan rerumputan dan ambil sendiri di air. Namun karena ini musim hujan dan airnya naik, jadi untuk kerbau anakan harus dipakani oleh peternak karena tidak bisa mencari sendiri di dalam air,“ sambungnya.

Halaman
12
Penulis: Kristin Juli Saputri
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved