Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Warga Akhirnya Mengungsi Akibat Banjir di Gunungraja Kabupaten Tala Makin Parah

Permukaan air banjir makin meninggi di wilayah Desa Gunungraja, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tala, Provinsi Kalsel.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI -  Banjir belum juga surut di wilayah Desa Gunungraja Kecamatan Tambangulang dan Desa Benuaraya Kecamatan Batibati, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (13/1/2021).

Semula, warga di kawasan banjir ini tetap bertahan di rumahnya. Ternyata, permukaan air malah terus naik hingga memksanya mengungsi. "Selasa pagi saya mengungsi ke rumah keluarga," ucap Jamani, warga Desa Gunungraja RT 6, kepada Banjarmasinpost.co.id.

Semula selama sekitar belasan hari, Jamani bersama anak  istri, dan cucunya bertahan di rumahnya di tepi Jalan Trans Kalimantan setempat yang juga tergenang.

Meja dagangannya setinggi sekitar 1 meter yang semula masih aman, sejak Selasa (12/1/2021) mulai tenggelam. Genangan di dalam rumahnya parah lagi, yakni sepinggang orang dewasa.

Baca juga: VIDEO Warga Terdampak Banjir Mengungsi ke Kantor Camat Kurau Kabupaten Tala

Baca juga: Bersama Stakeholder, Polres Tala Gerak Cepat Tangani Bencana Banjir

Kondisi demikian memaksa Jamani mengungsi ke rumah saudaranya di pusat permukiman di Desa Gunungraja berjarak sekitar 1,5 kilometer.

Hal serupa juga dilakukan Taufiqurrahman, warga RT 6 lainnya. Ia mengungsikan istri dan ketiga anaknya ke kediaman kerabat di wilayah yang aman.

Di dalam rumahnya, genangan telah setinggi lutut. Meski begitu, dia masih bertahan di rumah. Hanya anak dan istri yang diungsikan.

Sementara itu Kepala Desa Benuaraya, Sailil Irfan, menuturkan, sebagian warganya juga mulai mengungsi. Termasuk dirnya juga mengungsi ke rumah kerabat.

Baca juga: Empat Jembatan di Tebingsiring Tala Ambrol hingga Putus, Lebih Seribu KK Kesulitan Keluar Kampung

Baca juga: Banjir Terjang 7 Kecamatan di Kabupaten Tala, Sebanyak 9.209 Jiwa Terdampak

Dikatakannya, genangan terdalam di dalam rumah warga sekitar 1 meter. Sedangkan di dalam rumahnya, setinggi lutut orang dewasa. 

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved