Breaking News:

Banjir di Kalsel

Banjir di Binuang Kabupaten Tapin, Anak-anak dan Wanita Hamil dan Usia Renta Prioritas Evakuasi

Anak anak, wanita hamil dan usia renta menjadi prioritas penanganan evakuasi korban banjir di Kelurahan Raya Belanti kecamatan Binuang Kabupaten Tapin

BPBD Tapin
BPBD Tapin, Tim Relawan dan TNI-Polri saat melaksanakan evakuasi dan pendirian dapur umum untuk korban Banjir. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Korban banjir di Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan khususnya anak anak, wanita hamil dan usia renta diberi perhatian khusus, Jumat (15/01/2021).

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan mengatakan bahwa tim gabungan  sudah melakukan evakuasi sesuai dengan arahan dan menjalankan tugas dengan baik. 

"Yang jadi prioritas perhatian dan penanganan khusus saat bencana ini oleh tim gabungan yakni anak-anak, Wanita Hamil dan Usia Renta," ungkapnya.

HM Arifin mengatakan ada tim kesehatan di sana, dan puskesmas yang siap melayani. Meskipun tidak separah di daerah atau kabupaten serta kota lainnya di Kalsel, Tapin tetap siap siaga menghadapi bencana.

Baca juga: Banjir Rendam Gambut, Camat : Banjir Parah, Kami Perlu Logistik, Karpet dan Selimut

Baca juga: Banjir Meluas, Ketua DPRD Kalsel Sulap Rumah Pribadinya Jadi Posko Pengungsian

Baca juga: Akses ke Pelaihari Terputus, Pertamina Sebut Suplai BBM dan LPG Terganggu, ke Hulu Sungai Terkendali

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Polres Tapin, Kompol Rainhard Maradona mengatakan bahwa masyarakat yang terdampak yang memerlukan pertolongan saat ini sudah dievakuasi. 

"Benar mereka yang renta, misalnya anak anak, usia renta dan wanita hamil kita berikan penanganan khusus," ujarnya saat berada di lokasi. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapin, Said Abdul Nasir mengatakan warga yang terdampak bencana banjir kini sebagian sudah diungsikan di Musholla Faturrahman dan ke rumah warga setempat yang diperkirakan masih aman dan sebagian ada yang bertahan khususnya laki laki menjaga harta benda di rumah masing masing. 

"Sudah ada dapur umum yang di sediakan BPBD dan tim relawan lainnya di backup TNI-Polri untuk masyarakat umum yang terdampak Banjir," ungkapnya.

Pantauan Banjarmasinpost.ci.id Hingga kini, Kabupaten Tapin masih diguyur hujan dengan intensitas sedang. TNI, Polri, BPBD, PMI dan relawan lainnya saat ini masih terus melakukan pemantau dilokasi untuk menjaga keamanan dan keselamatan dan sudah mendirikan tenda dapur umum serta logistik.

(Banjarmasinpost.co.id/Stan)
 

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved