Breaking News:

Berita Kapuas

Pengurus Bumdes Dipilih Melalui Musyawarah Desa, Ini Harapan Camat Bataguh Kapuas

Pemilihan pengurus baru BUMDes Berkah Raya Desa Terusan Karya, Kecamatan Bataguh Kapuas digelar melalui musyawarah desa setempat.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Syaiful Akhyar
Kecamatan Bataguh
Musyawarah Desa dalam rangka pemilihan pengurus baru Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berkah Raya Desa Terusan Karya, Kecamatan Bataguh, Kapuas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Musyawarah desa dalam rangka pemilihan pengurus baru Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berkah Raya Desa Terusan Karya dilaksanakan di Aula Desa Terusan Karya.

Camat Bataguh Yan Safriansyah hadir langsung saat kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa pendirian Bumdes diantaranya adalah untuk meningkatkan perekonomian Desa dengan mengelola segala potensi ekonomi yang ada di Desa.

"Musyawarah telah dilaksanakan kemarin, diharapkan dengan adanya Bumdes ini dapat berkontribusi untuk Desa dalam hal meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa," katanya, Jumat (15/1/2021).

Dilanjutkannya, dalam pengelolaan Bumdes terdapat aturan-aturan yang harus ditaati dan dijadikan pedoman sehingga dapat tercipta tata kelola yang baik.

Baca juga: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Tinjau Banjir di Kalimantan Selatan, Ini Agendanya Besok

Baca juga: Presiden Jokowi Perintahkan Kirim Bantuan ke Kalsel, Besok Panglima TNI dan Basarnas Tinjau Banjir

Baca juga: Mensos Risma Perintahkan Jajaran Kirim Bantuan ke Lokasi Bencana Banjir Kalimantan Selatan

"Pengurus Bumdes harus menciptakan kerjasama yang baik satu sama yang lain, jangan berjalan masing-masing. Harus ada arah dan tujuan yang jelas agar dapat mencapai target yang diinginkan," ucap Yan Safriansyah.

Kemudian, terkait pengelolaan Bumdes juga harus sesuai dengan AD/ART yang telah ditetapkan, serta secara periodik untuk membuat laporan keuangan dan laporan perkembangan setiap bulannya.

Musyawarah desa harus melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemdes dan unsur masyarakat lainnya untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis di Desa.

"Saya ucapkan selamat kepada pengurus Bumdes yang baru terpilih, segera bekerja, kelola Bumdes dengan sebaik-baiknya jalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab," ungkap Camat.

Sementara itu saat acara tersebut, Kepala Desa Terusan Karya, Raswan menyampaikan bahwa penataan ulang pengurus Bumdes Berkah Karya Desa Terusan Karya ini terpilih dari generasi milenial yang cukup bagus.

"Diharapkan para pengurus ini nantinya bisa mengembangkan usaha-usaha yang terdiri dari beberapa unit usaha, berdasarkan potensi yang ada dengan tujuan mempermudah pelayanan semua kebutuhan masyarakat dan menggali keuntungan yang sebesar-besarnya dari semua unit usaha untuk Pendapatan Asli Daerah," ungkapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved