Breaking News:

Lifestyle

WOW! Komik Batman Terjual Rp 31 Miliar, Edisi Pertama Terbitan 1940 Ini Termahal dalam Sejarah

Komik Batman edisi pertama ini terjual di balai lelang Heritage Auctions senilai 2,2 juta dollar AS, atau sekitar Rp 31 miliar

ISTIMEWA
Komik Batman Edisi Pertama 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID - Komik pertama Batman yang diterbitkan pada 1940 laku terjual Rp 31 miliar dalam sebuah pelelangan yang diadakan Heritage Auction.

Angka penjualan tersebut membuat komik Batman #1 ini menjadi yang termahal dalam sejarah pelelangan.

Komik berusia 80 tahun ini menjadi karya seni terlangka dan mendapatkan sertifikasi 9,4 dari CGC.

Komik langka ini menjadi buruan spesial para kolektor karena menghadirkan penampilan pertama Joker dan Catwoman.

"Penjualannya adalah yang pertama kalinya di era CGC dan menjadi salah satu dari lima masalah utama Zaman Keemasan yang terjual di pelelangan umum," ujar perwakilan Heritage Auction.

Baca juga: Rilis Pekan Ini, Ayo Akses Link Download dan Baca Manga Terbaru Komik One Piece 979 Sub Indo

Baca juga: Link Baca Komik Online Marvel Gratis Selama Pandemi Corona Covid-19, Ada Avengers

Baca juga: Komik Sri Asih Hadir di LINE Webtoon, Ini Bocorannya

Komik Batman edisi pertama ini terjual di balai lelang Heritage Auctions senilai 2,2 juta dollar AS, atau sekitar Rp 31 miliar.

Komik yang dilelang itu berada dalam kondisi "near mint", atau nyaris baru dan mencetak rekor baru untuk komik Batman dengan edisi termahal yang pernah terjual.

Menariknya, kondisi komik tersebut mendapat skor 9,4 dari Certified Guaranty Company (CGC), perusahaan AS yang menilai kelayakan buku komik, kartu, majalah, dan barang koleksi lain.

Padahal, skor tinggi seperti itu nyaris tidak pernah terjadi pada buku komik yang memiliki usia terlampau tua.

Pemilik terbaru dari komik Batman edisi pertama adalah Billy T Gates. Dia membeli komik tersebut pada tahun 1979 dengan harga 3.000 dollar AS, atau jika dirupiahkan nilainya mencapai sekitar Rp 42 juta saat ini.

Komik Batman Edisi Pertama
Komik Batman Edisi Pertama (ISTIMEWA)

Deskripsi yang tertulis di situs Heritage Auctions menyatakan, komik Batman edisi pertama adalah "pertama kalinya di era CGC salinan 'near mint' yang merupakan salah satu dari lima edisi Golden Age terjual di lelang publik".

"Beberapa edisi utama yang dinilai sebagai Batman # 1, menjelaskan sampul kuning komik rentan terhadap noda atau debu, membuat aslinya sulit untuk ditiru," tulis situs lelang tersebut.

Angka penjualan buku komik ini melampaui penjualan komik Batman edisi ke-27 terbitan Detective Comics yang mencapai 1,5 juta dollar AS atau setara Rp 21 miliar dua bulan lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komik Batman Edisi Pertama Terjual di Pelelangan, Berapa Nilainya?", Klik untuk baca:

Editor: Didik Triomarsidi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved