Breaking News:

HSU Mantap

Bupati HSU Abdul Wahid Imbau Warga Terus Waspada Terhadap Bencana Banjir

Bantuan pangan didistribusikan untuk korban banjir di Kecamatan Banjang dan Amuntai Utara, Kabupaten HSU, Provinsi Kalsel.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
PEMKAB HSU
Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Abdul Wahid, secara simbolis menyerahkan bantuan untuk para korban banjir. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Sebagian rumah di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, sudah mulai terendam banjir.

Bupati HSU, Abdul Wahid, memberikan bantuan yang dterima oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSU, H Rizali Eswansyah.

Bantuan berupa bahan makanan dan sembako akan didistribusikan kepada warga yang saat ini terdampak banjir.

Bantuan ini diserahkan kepada kepala desa yang paling terdampak saat ini, yaitu 4 desa di Kecamatan Banjang dan 6 desa di Kecamatan Amuntai Utara.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di dua kecamatan, yaitu di Kecamatan Banjang dan Amuntai Utara.

Paket bantuan diserahkan langsung oleh Kepala BPBD Kabupaten HSU, Sugeng Riyadi, dan Kadinsos Kabupaten  HSU, H Rizali Eswansyah, yang diterima Camat Banjang dan Camat Amuntai Utara.

Penyaluran bantuan untuk para korban banjir melalui Camat Banjang dan Camat Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).
Penyaluran bantuan untuk para korban banjir melalui Camat Banjang dan Camat Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). (PEMKAB HSU)

Saat ini, banjir di Kabupaten HSU merendam 6 kecamatan, 104 desa. Berdampak pada 6.700 rumah, 7.722 KK , 23.284 jiwa dan 2 fasilitas umum.

Enam kecamatan itu, Amuntai Tengah, Amuntai Utara, Amuntai Selatan, Banjang, Haur Gading dan Sungai Pandan. Dan yang cukup terdampak adalah di Kecamatan Amuntai Utara.

Banjir yang terjadi tahun ini dirasakan lebih besar dari tahun–tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari tingginya debit air yang menggenangi.

Bupati Abdul Wahid menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan agar dapat dipergunakan dengan baik. Serta, dapat memberi manfaat bagi masyarakat yang terdampak. Meskipun, bantuan yang diberikan tidak besar.

Kemudian, Bupati juga mengharapkan agar warga saling membantu dalam menghadapi banjir ini.

Selain itu, tetap terus meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat juga diimbau untuk dapat menjaga keselamatan diri pribadi dan keluarganya serta harta benda yang berharga agar aman dari bahaya yang mungkin datang di saat air mulai tinggi dan mengenangi rumah.

Dalam kesempatan itu, Bupati HSU Abdul Wahid berterima kasih kepada para petugas dan relawanan kebencanaan yang tak kenal lelah membantu warga terdampak banjir.

Dengan harapan serta doa, agar para petugas dan relawan serta masyarakat yang terdampak banjir selalu diberikan kesehatan dan kekuatan serta keberkahan oleh Allah SWT.

Banjir di Kabupaten Hulu Sungai Utara hampir setiap tahun terjadi. Hal ini karena letak geografisnya yang berada di dataran rendah dan dilalui tiga sungai, yaitu Tabalong, Balangan dan Nagara. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved