Banjir di Kalsel

Banjir di Kalsel 2021, Tiga Jembatan Provinsi Rusak

Banjir besar merusak jembatan Mandiangin Kabupaten Banjar, jembatan menuju Waduk Riam Kanan dan akses menuju Gunung Mawar di Provinsi Kalsel.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
istimewa/jailani
Oprit jembatan yang ambles di Desa Mandiangin, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (15/1/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kerusakan sarana jembatan juga terjadi pada aset milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Sebagaimana diungkapkan Plt Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar, terkait upaya pihaknya memperbaiki jalan dan Jembatan Rusak.

"Petugas kami saat ini sedang memperbaiki jalan dan jembatan yang rusak akibat banjir," ujarnya di Setdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Selasa (19/1/2021).

Ditambahkan Kabid Binamarga Dinas PUPR Kalsel, M Yasin Toyib, akibat banjir ada tiga jembatan dan lima jembatan boks culvert milik Pemprov Kalsel yang rusak.

Baca juga: Pondasi Jembatan Mandiangin Kabupaten Banjar Runtuh, Arus Lalulintas Ditutup

Baca juga: Oprit Jembatan Mandiangin Martapura Terancam Amblas

Infrastruktur yang rusak tersebut adalah jembatan Mandiangin Kabupaten Banjar, jembatan menuju Waduk Riam Kanan dan akses menuju Gunung Mawar.

Perbaikan yang bisa dilakukan saat ini, ujar Yasin, hanya jangka pendek. Perbaikan bahkan sudah dilakukan di jembatan box culvert Guntung Manggis.  "Sisanya, pascarekonstruksi, menunggu banjir surut," ujarnya.

Sedangkan jumlah dana yang akan digelontorkan untuk perbaikan maupun kerugian akibat rusaknya jembatan, menurut Yasin, masih belum bisa dihitung.

Terkait target selesai perbaikan empat hari, dikatakan, hanya berlaku bagi jembatan di bawah kewenangan Kementerian PUPR.

Baca juga: Jokowi Tinjau Jembatan Putus Akibat Banjir di Kabupaten Banjar Kalsel, Beri Instruksi Menteri PUPR

Baca juga: Menteri PUPR Pastikan Perbaikan Permanen Jembatan Pabahanan Tala, Bupati Siap Amankan Lahan Sekitar

Jembatan di bawah kewenangan Kementerian PUPR yang saat diperbaiki karena rusak parah akibat banjir besar di Kalsel adalah Jembatan Salim di Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar yang telah ditinjau Presiden Joko Widodo dan Jembatan Pabahanan di Kelurahan Pabahanan, Kabupaten Tanah Laut (Tala). 

( Banjarmasinpost.co.id/Khairil Rahim)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved