Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

VIDEO Permintaan Beras Meningkat, Imbas Banjir Kalsel

Musibah banjir saat ini membuat kebutuhan sembako meningkat, salah satu yang tinggi kebutuhannya adalah beras

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Musibah banjir saat ini membuat kebutuhan sembako meningkat, salah satu yang tinggi kebutuhannya adalah beras.

Ya, banyak masyarakat korban banjir yang diungsikan. Di pengungsian mereka mendapat konsumsi dari dapur umum. Wajar jika kebutuhan beras begitu besar.

H Ahur, pemilik agen beras Mitra Tani Banjarbaru, mengaku permintaan beras lebih banyak dari biasanya, bahkan sampai 200 persen.

"Peningkatan ini karena para pembeli sebagian besar adalah donasi yang ingin menyumbang bantuan kepada korban banjir," jelasnya.

Permintaan di tokonya sangat banyak sekali  baik dari pihak perusahaan, instansi, masyarakat dan mahasiswa yang mengumpul sumbangan.

Saat ini stok di toko masih bisa memenuhi. Namun untuk 3 hingga 7 hari mendatang,  stok pasti berkurang, sementara pasokan dari petani lokal sangat berkurang, karena daerah penghasil padi di antaranya Rantau, Kandangan dan Barabai, Martapura dan Astambul, sudah tidak ada lagi beras," bebernya.

Sedangkan wilayah Gambut, mesin penggiling padi banyak yang terendam, tentu memerlukan waktu untuk mengeringkan beras atau peralatan penggilingannya.

Mengantisipasi berkurangnya pasokan beras lokal, H Ahur, akan menambah pasokan beras dari Jawa yang biasa 4 konteiner akan ditambah menjadi 7 kontainer. (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved