Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Pihak Perbankan Dinilai Perlu Ringankan Kreditur Perumahan Terdampak Bencana Banjir

Perbankan yang melayani kredit perumahan mestinya melihat bencana banjir ini sebagai peluang untuk membantu masyarakat terdampak banjir.

istimewa
Nasrullah SSos I MA 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Banjir yang melanda pemukiman penduduk terutama kompleks perumahan melumpuhkan aktivitas pekerjaan selama banjir berlangsung. 

Mereka yang berjualan es, bakso, nasi goreng, pedagang sayur, jasa ojek on line hingga kelas menengah lain, tentu kesulitan melakukan pembayaran kredit tidak bekerja selama banjir.

Jika banjir berlalu pun, akan banyak pengeluaran pascabanjir.

Baca juga: PDAM Kotabaru Kirim Petugas Teknis ke Kabupaten HST, Bantu Pemulihan Jaringan Air Bersih Pascabanjir

Baca juga: Warga Temukan Jasad Pria Paruh Baya Membusuk Dalam Rumah di Kuin Banjarmasin

Baca juga: Banjir di Kalsel 2021, Pemko Banjarbaru Terima Pengungsi Tanpa Pandang KTP

Dosen Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP ULM, Nasrullah, mengatakan atas dasar itu, pihak perbankan yang melayani kredit angsuran perumahan mestinya melihat ini sebagai peluang untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Bahkan pihak pemerintah daerah kabupaten, kota, hingga pemerintah provinsi, alangkah baiknya mengusulkan kepada perbankan yang melayani kredit rumah agar memberikan keringanan kepada kreditur yang terdampak banjir karena tergolong force mayor.

Akan lebih bagus jika pihak bank yang menerima kredit perumahan itu, mengeluarkan kebijakan yang sangat membantu keringanan pembayaran kredit rumah.

Perbankan tentu punya opsi meringankan kreditur yang terdampak banjir secara langsung atau terdampak akibat banjir tersebut.

Opsinya bisa mengulur batas waktu pembayaran, atau opsi lain yang meringankan agar tidak mengalami  kredit bermasalah akibat tunggakan karena dampak banjir.

(banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved