Sains

WOW Fosil Dinosaurus Terbesar di Muka Bumi Ditemukan di Argentina, Dugaan Panjang 40 M Berat 110 Ton

Tim ilmuwan lokal menemukan sisa-sisa fosil yang mencakup 24 tulang belakang dari ekor dinosaurus dan beberapa tulang panggul di Provinsi Neuquen

cnn.com
Paleontolog menemukan sisa-sisa fosil berusia 98 juta tahun di Provinsi Neuquen di Patagonia barat laut Argentina. 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID - Para ahli paleontologi menemukan fosil dinosaurus berusia 98 juta tahun lalu, yang digali di Argentina.

Kemungkinan, fosil ini merupakan hewan darat terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Tim ilmuwan lokal menemukan sisa-sisa fosil yang mencakup 24 tulang belakang dari ekor dinosaurus dan beberapa tulang panggul di Provinsi Neuquen pada 2012.

Fosil tersebut diyakini sebagai titanosaurus, salah satu sauropoda terbesar atau sekelompok dinosaurus yang memiliki ciri ukuran tubuh besar, kaki seperti pilar, dan leher serta ekor yang memanjang.

Baca juga: Najwa Shihab Kaget Kabar Ancaman Gubernur Kalsel Polisikan Warga Gara-gara Viralkan Video Parodi

Baca juga: Trump Iri Lihat Pelantikan Joe Biden Bertabur Artis, Berbanding Terbalik Pelantikannya 4 Tahun Lalu

Baca juga: Angin Puting Beliung Muncul di Tengah Waduk Gajah Mungkur, Warga Berteriak La ilaha illallah

Meskipun tim ahli belum dapat memastikannya sebagai spesies baru, fosil tersebut tampaknya tidak cocok dengan fosil dinosaurus sauropoda lain yang diketahui.

Seperti dikutip dari CNN, Rabu (20/1/2021) paleontolog menemukan sisa-sisa fosil berusia 98 juta tahun di Provinsi Neuquen di Patagonia barat laut Argentina, dalam endapan sedimen tebal yang dikenal sebagai Formasi Candeleros.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Cretaceous Research, para ahli pun mengatakan jika temuan tersebut sebagai salah satu sauropoda terbesar yang pernah ditemukan.

Namun tanpa menganalisis tulang humerus atau femur dinosaurus, para ahli belum dapat mengatakan berapa berat mahluk itu.

"Ini adalah dinosaurus besar, tapi kami berharap dapat menemukan lebih banyak kerangka dalam studi di masa mendatang. Jadi kami akan memiliki kemungkinan untuk membahas dengan yakin seberapa besar ukuran dinosaurus," ungkap Alejandro Otero, paleontolog dari Museo de La Plata.

Meski belum pasti, ahli menyebut jika fosil kemungkinan memiliki massa tubuh melebihi atau sebanding dengan Patagotitan atau Argentinosaurus.

Sebagai gambaran Patagotitan memiliki berat mencapai 77 ton dan berukuran 37,2 meter.

Sementara Argentinosaurus punya ukuran tubuh hingga 40 meter dengan berat 110 ton.

Fosil Titanosaurus sendiri telah ditemukan di semua benua kecuali Antartika. Tetapi spesies "multi-ton" terbesar dari spesies tersebut, termasuk titanosaurus yang berukuran melebihi 40 ton sebagian besar telah ditemukan di Patagonia, Argentina.

Lebih lanjut, Temuan ini pun menunjukkan jika pada awal periode Kapur Akhir yang dimulai 101 juta tahun yang lalu terdapat keberagaman sauropoda di Cekungan Neuquen.

Penelitian dilakukan Museum Zapala Argentina, Museo de La Plata, Museo Egidio Feruglio, dan universitas Rio Negro dan Zaragoza.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fosil Dinosaurus di Argentina Jadi Mahluk Terbesar di Bumi yang Pernah Ditemukan ", Klik untuk baca:

Sumber: Kompas.com
  • Berita Terkait :#Sains
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved