Breaking News:

Berita Banjarmasin

Dukung Program Hilangkan Tilang Jalanan, Dit Lantas Polda Kalsel Persiapkan Uji Coba e-TLE

Dalam waktu dekat di Tahun 2021 ini, penerapan tilang elektronik di Banjarmasin nampaknya akan diuji coba sebagai pionir di Kalsel.

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Direktur Dit Lantas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ibu Kota Provinsi Kalsel, Kota Banjarmasin pernah menjadi pilot project dalam pengembangan dan persiapan penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE) beberapa tahun sebelumnya.

Dalam waktu dekat di Tahun 2021 ini, penerapan tilang elektronik di Banjarmasin nampaknya akan diuji coba sebagai pionir di Kalsel.

Rencana ini dibenarkan oleh Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo.

Dimana penerapan tilang elektronik sejalan dengan salah satu program utama Komjen Pol Listyo Sigit yang akan segera dilantik sebagai Kapolri.

Baca juga: Tilang Elektronik Berlaku Mulai 6 Agustus 2020, Ayo Siapkan SIM, STNK & Kelengkapan Lainnya!

Baca juga: Begini Cara Kerja Tilang Elektronik Lewat Whatsapp, Polisi Pontianak Sudah Lakukan Uji Coba

Khususnya kebijakannya di bidang lalu lintas, yaitu untuk menghapus tilang jalanan dan menggantinya dengan tilang elektronik.

"Ke depan anggota lalu lintas mungkin mengurangi penilangan di jalan. Seperti di Polda Metro Jaya yang sudah ada e-TLE yaitu tilang elektronik," kata Kombes Pol Maesa di Banjarmasin, Kamis (21/1/2021).

Meski belum disebutkan secara rinci, dua atau tiga titik di Banjarmasin kata dia akan dipersiapkan untuk dilakukan uji coba penerapan tilang elektronik.

Jika diberlakukan, pengendara yang kedapatan melanggar lalu lintas akan terlacak melalui CCTV e-TLE di titik tersebut dan data terkait kendaraan dan pemiliknya yang diidentifikasi melalui nomor polisi akan diketahui oleh Dit Lantas Polda Kalsel.

Selanjutnya, Dit Lantas Polda Kalsel akan menyurati pelanggar lalu lintas tersebut.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved