Breaking News:

Penangkapan Teroris di Aceh

Peranan Terduga Teroris di Aceh Didalami, Turut Terlibat Kasus Bom Bunuh Diri Polrestabes Medan

Lima orang terduga teroris yang diamankan Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Aceh, peranannya terus didalami.

Editor: M.Risman Noor
(KOMPAS.COM/TEUKU UMAR)
Kombes Pol Winardy, Kabid Humas Polda Aceh memperlihatkan foto barang bukti bahan peledak dan dokumen yang diamankan dari lima terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Aceh, Sabtu 923/01/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lima orang terduga teroris yang diamankan Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Aceh, peranannya terus didalami.

Hasil pemeriksaan sementara, kelima orang tersebut diduga terlibat dalam ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara, pada November 2019 lalu.

"Informasi yang kami peroleh sementara, mereka terlibat dalam jaringan teroris yanag melakukan bom di Polrestabes Medan," Kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Winardy saat dikonfirmasi, Sabtu (23/1/2021).

Winardy menyebutkan, lima orang terduga teroris yang ditangkap Densus 88 kali ini diketahui berencana merakit bom untuk melakukan aksi teror di wilayah Aceh.

Baca juga: Bill Gates Divaksin Covid-19, Usia 65 Tahun Masuk Kelompok Pertama Disuntik

Baca juga: Distribusi Vaksin-19 Berlanjut, 4 Juta Dosis akan Disebar di Februari

"Mereka juga berencana merakit bom untuk melakukan aksi di Aceh. Tapi peran mereka dalam aksi bom di Mapolrestabes Medan sedang didalami," kata dia.

Dari penangkapan terduga teroris di Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh dan Kota Langsa, Densus 88 mengamankan barang bukti berupa bahan peledak.

Masing-masing yakni 1 kilogram pupuk kalium nitrat, 250 gram the organic stop actived charcoal (bubuk arang aktif), 1 botol berisi 2.000 pcs peluru gotri silver cosmos 6 milimeter, dan beberapa potongan pipa besi.

Baca juga: Stimulus PLN Bisa Diakses Lewat Tiga Cara, Klik www.pln.co.id, WhatsApp atau PLN Mobile

Densus 88 juga menemukan beberapa dokumen, yakni buku catatan berisi pesan ancaman terhadap TNI, Polri, pemerintah pusat dan Pemerintah Aceh.

"Terduga teroris itu juga terlibat dalam jaringan teroris pembuat bom di Riau yang ditangkap beberapa waktu lalu," kata Winardy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 5-terduga-teroris-di-aceh-diduga-terlibat-bom-bunuh-diri-di-polrestabes

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved