Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Pebisnis Alat Camping di Banjarmasin Melesu Sejak Pandemi Hingga Sekarang

bisnis penjualan dan penyewaan alat-alat camping atau berkemah di toko Fun Camping Banjarmasin mengalami penurunan pembeli

banjarmasinpost.co.id/mariana
Alat masak piknik dan BBQ di Fun Camping 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Sejak Pandemi hingga New normal bisnis penjualan dan penyewaan alat-alat camping atau berkemah di toko Fun Camping Banjarmasin mengalami penurunan pembeli. 

Bahkan pemilik toko menceritakan saat libur natal lalu, seluruh pemesanan alat camping seperti tenda dibatalkan ataupun dijadwalkan ulang setelah sejumlah kawasan wisata ditutup.

Pemilik Toko Outdoor Camping "Fun Camping" di Banjarmasin, Suci, mengaku hal tersebut berakibat pada penurunan penyewaan alat camping khususnya tenda.

Suci menyebut jika dibanding tahun lalu, penyewaan mengalami penurunan sekitar 50 persen.

Baca juga: Musim Hujan, Rental Alat Camping di Banjarmasin Turun 30 Persen

Baca juga: Eksotis Gunung Birah Tanahlaut, Pelancong Bebas Pilih Tempat Camping, Ini Enam Titik Lokasinya

"Muncul pemberitahuan bahwa ada pembatasan tempat wisata, hanya buka jam 8 pagi sampai 5 sore, jadi otomatis secara halus tidak boleh camping. Akibatnya banyak yang minta refund atau reschedule," terang Suci.

Begitu pula dengan penjualan perlengkapan dan pakaian outdoor camping yang sebelumnya perbulan dapat mencapai di atas Rp 30 juta kini hanya sekitar Rp 20 juta di bulan Desember 2020.

Kendati demikian minat masyarakat justru beralih untuk melakukan aktivitas outdoor di rumah yaitu masak-masak atau barbeque dan alhasil peningkatan penyewaan alat pemanggang mencapai 100 persen. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved