Breaking News:

Banjir di Kalsel

VIDEO Kementan RI Serahkan Bantuan Logistik Warga Terdampak Banjir di Balangan

Badan Ketahanan Pangan, Kementrian Pertanian salurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Balangan.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Badan Ketahanan Pangan, Kementrian Pertanian salurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Balangan.

Bantuan didistribusikan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel.

Bantuan berupa sembako tersebut diarahkan ke wilayah Kecamatan Lampihong, menyusul pula sejumlah kecamatan terdampak lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Balangan, Rahmadi Ouen menerangkan, bantuan yang disalurkan yakni untuk semua warga terdampak banjir di Balangan. Sebagian di antaranya pula untuk para petani.

“Bantuan ini langsung kami serahkan ke Kecamatan Lampihong  dan nantinya akan dibagikan oleh pemerintah kecamatan setempat kepada korban terdampak banjir,” ucap Rahmadi, Senin (25/1/2021).

Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel menyalurkan secara langsung bantuan tersebut. Logistik disalurkan melalui jalur darat menggunakan angkutan truk.

Kasi Metode Metologi pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Novi Firdaus menerangkan, bantuan yang diberikan berupa sembako, perlengkapan bayi, perlengkapan wanita dan obat-obatan.

"Kami juga menyalurkan bantuan dari Kementan RI pada beberapa kabupaten yang terdampak banjir. Satu di antaranya yakni Balangan," ucap Novi.

Tentunya hal ini ungkap Novi merupakan bentuk kesiapsiagaan dan empati dari pemerintah terhadap bencana yang terjadi.

Sedikitnya, ada sekitar 20 truk logistik yang nantinya akan disalurkan pada delapan kabupaten terdampak banjir. Sementara di Kabupaten Balangan mendapatkan satu truk.

Tak habis disitu, saat ini pihaknya juga melakukan pendataan terhadap petani yang terdampak banjir. Terutama pada petani yang tanaman di lahan mereka mengalami kerusakan.

"Kami juga melakukan pengusulan ke Kementan agar petani mendapatkan bantuan. Terutama pada mereka yang lahannya terdampak banjir," ucap Novi.

Ia pun berharap bantuan yang akan menyusul nantinya, berupa bibit atau benih bisa segera terealisasi. Sehingga diharapkan dapat meringankan beban petani.
(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved