Breaking News:

Kriminalitas Banjarbaru

Polsek Banjarbaru Kota Bekuk Empat Pelaku Pemalsuan Surat IMB

Empat orang pembuat surat IMB palsu ditangkap polisi di wilayah Kota Banjarbaru, Provinsi Kalsel.

POLSEK BANJARBARU KOTA UNTUK BPOST GROUP
Empat orang pelaku pemalsuan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ditahan di Polsek Banjarbaru Kota, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Selasa (26/1/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Jajaran Reskrim Polsek Banjarbaru Kota dipimpin Kanitreskrim AKP Yuli Tetro SH mengungkap kasus pemalsuan dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Dalam mengungkap kasus pemalsuan ini, anggota Reskrim membekuk empat pelaku di lokasi berbeda di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Empat pelaku merupakan warga Kota Banjarbaru. Berhasil kami bekuk, ada yang di rumah dan ada pula yang di tempat kerjanya," kata Kapolsek Banjarbaru Kota, Kompol Purbo Raharjo, melalui Kanitreskrim, AKP Yuli Tetro, SH, Selasa (26/1/2021). 

Adapun empat pelaku tersebut, R (55) warga Sukarelawan Loktabat Utara, S (55) warga Karang Rejo Guntung Manggis, EPD (38) warga Jalan Sriwijaya Landasan Ulin dan AS (45) warga Jalan Sidodadi Loktabat Selatan.

Kasus Baru Covid-19 di Banjarbaru Terus Meningkat, Darmawan Jaya Sebut Imbas Swab Test Setiap Hari

UPDATE Covid-19: Positif 98 Orang, Terbanyak dari Banjarbaru

Mereka ditangkap setelah ada laporan dari korban ME yang merasa dirugikan karena dokumen IMB untuk tokonya di Martapura sebanyak tiga lembar tidak terdaftar.

Bahkan, tidak sesuai dengan data di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Banjar.

"Sedangkan korban telah memberikan uang dengan nilai total Rp 11 juta dengan cara empat kali bayar kepada R. Kemudian tidak lama, IMB yang dibuat R dan komplotannya selesai dan diserahkan ke korban. Namun ternyata  tidak terdaftar dan tidak cocok dengan data di PMPTS, saat korban membawa untuk mengurus  IMB bangunan lainnya. Dan, empat pelaku pun sudah mengakuinya," Jelasnya. 

Barang bukti yang diamankan dari tangan pelaku AS, sebuah printer, laptop, stempel yang digunakan untuk membuat dokumen IMB palsu tersebut.

Banjarbaru Terapkan PPKM, Darmawan Jaya Sebut Tidak Akan Seketat saat Libur Panjang

Tersangka Curanmor Banjarbaru Ini Diringkus di Rumah, Sempat Dibuntuti Bawa Motor dan HP Curian

Atas perbuatan tersebut, empat pelaku dijerat dengan tindak pidana pemalsuan surat dan penipuan,  sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 ayat 1 dan 2 KUHP atau pasal 378 KUHP.

Sementara itu, Kasi Humas Polsek Banjarbaru Kota, Aipda Ahmad Supriyanto, SH, memberikan imbauan dan mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap oknum-oknum yang mengaku bisa membuat surat-surat penting dengan iming-iming cepat dan murah. 

"Sebaiknya mengurus di tempat yang resmi agar surat yang dikeluarkan atau diterbitkan asli dan terdaftar," imbaunya. 

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang pernah membuat surat sejenisnya kepada para pelaku untuk segera mengecek surat-surat tersebut di instansi terkait. 

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Penulis: Siti Bulkis
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved