Breaking News:

Berita Kalteng

Pulihkan Sektor Pariwisata di Masa Pandemi, Ini yang Dilakukan Disbudpora Kapuas

Disbudpora Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng, gencar menawarkan produk kerajinan dan wisata secara online.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Alpri Widianjono
DISBUDPORA KABUPATEN KAPUAS UNTUK BPOST GROUP
Petugas Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas saat mengunjungi mitra kepariwistaaan, UKM Adil Home Shopping, di Jalan Pemuda Kompleks Pemuda Permai Blok D Nomor 5 Kota Kualakapuas, Kalimantan Tengah. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS – Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada pelaku usaha pariwisata ekonomi kreatif, termasuk di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Khususnya lagi, bagi pelaku usaha Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Selama masa pandemi, usaha yang basisnya merupakan usaha rakyat maupun rumah tangga dan termasuk juga hotel dan tempat wisata, mengalami penurunan pengunjung.

Sementara itu, program dalam bidang kepariwisataan yang sudah dijalankan, yaitu dengan membuat inovasi yang berbasis dengan digital.

Baca juga: Didukung Relawan, MTsN 2 Kapuas Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel

Baca juga: MTsN 1 Kapuas Langsung Salurkan Bantuan Banjir di Kalsel

Baca juga: Distribusi Bahan Pokok Terdampak Banjir Kalsel, Disdagperinkop Kapuas Jamin Stok Aman

Baca juga: VIDEO DPRD Kapuas Berangkatkan Empat Mobil, Angkut Logistik untuk Korban Banjir di Kalsel

"Kami menggunakan akun resmi kepariwisataan yang mana kami melakukan suatu terobosan untuk membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif yang bergerak di jasa kuliner, kerajinan khas yang dapat dijual secara online," ujar Erliansyah, Kasi Kepariwisataan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas, Selasa (26/1/2021).

Kemudian dia juga mengungkapkan ada tiga tupoksi yang dijalankan, yaitu mengembangkan kemitraan pariwisata, pengembangan destinasi wisata dan pemasaran pariwisata.

"Harapannya dari ketiga pokok kegiatan ini bisa berinovasi, bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi serta dapat berkaloborasi dengan seluruh mitra-mitra pariwisata. Dari itu, kami dapat bangkit di penerapan adaptasi kebiasan baru untuk membangun kembali sektor pariwisata di Kabupaten Kapuas," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved