Breaking News:

Pesona Malam di Pantai Swarangan

VIDEO Pesona Malam Pantai Eksklusif di Swarangan Kabupaten Tala

Fasilitas untuk pengunjung sangat lengkap di Pantai Jorong Beach Galam, Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tala, Provinsi Kalsel.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejak sekitar lima tahun lalu, di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan, banyak bermunculan pantai baru di beberapa kecamatan lainnya, seperti di Jorong dan Kintap. Semuanya menyajikan panorama yang memesona.

Namun hanya sedikit pantai yang menyajikan nuansa berbeda berupa eksotisme suasana malam yang bertabur gemerlap cahaya lampu.

Itu adanya di Pantai Jorong Beach Galam atau disingkat JBG yang berada di wilayah Desa Swarangan, Kecamatan Jorong. Swarangan merupakan salah satu kampung nelayan di Kabupaten Tala.

Pengunjung bakal termanjakan menikmati taburan cahaya dari lampu penerangan sekitar. Terutama deretan lampu yang berbaris rapi pada rentang jara sekitar setengah kilometer di zona pesisir setempat.

"Suka saya, sambil melihat lampu-lampu itu," ucap Danang Ramadana, warga Banjarbaru kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca juga: Pasir di Jorong Beach Galam Kabupaten Tala Padat dan Nyaman Dijelajahi

Baca juga: Badan Jalan Lebar dan Lapang Hingga di Lokasi Jorong Beach Galam Kabupaten Tala

Keelokan panorama di Jorong Beach Galam di Desa Swarangan ini tak terbantahkan lagi.

Pasir putih yang padat nyaman dilintasi, bersihnya air laut dengan deburan ombak yang menari-nari hingga sejuk rindangnya suasana sekitar. Semuanya menjadi dambaan pelancong.

Namun saat ini pantai berjarak sekitar 7 kilometer dari muara jalan nasional (A Yani) kilometer 37 dari Kota Pelaihari tersebut, belum dibuka untuk umum. Tamu yang bertandang ke lokasi masih sebatas tamu PT Jorong Barutama Greston.

"Nanti pascatambang Pantai Jorong Beach Galam, kami serahkan kepada pemerintah. Saat itulah, masyarakat umum bisa menikmatinya, tentunya sesuai pengelolaan yang dilakukan pemerintah kelak," ucap I Gede Widiade, mmine head PT JBG beberapa waktu lalu.

Cukup banyak fasilitas yang tersedia di kawasan wisata eksklusif dan inklusif tersebut. Tak cuma panorama alam eksotis yang tersaji maupun gazebo serta kafetaria. Tapi juga ada tempat inap yang nyaman meski sederhana.

Baca juga: Lampu Konveyor Tambang, Hanya Ratusan Meter dari Jorong Beach Galam Kabupaten Tala

Baca juga: Sepanjang Malam Bertabur Cahaya di Pantai Jorong Beach Galam Kabupaten Tala

Di antaranya ada tempat inap sebanyak belasan unit dan bahkan bisa lebih. Letaknya menghadap ke pantai meski agak jauh sekitar 50 meter dan dibatasi oleh pagar.

Itu merupakan fasilitas yang disediakan manajemen perusahaan tambang tersebut. Selain itu juga dilengkapi fasilitas untuk futsal dan basket.

Juga ada beberapa fasilitas permainan anak. Antara lain, satu set ayunan berbahan plastik tebal. Karenanya bagi yang membawa anak dapat bersantai lebih melapangkan hati karena anak-anak pun dapat asyik bermain.

(Banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved