Gunung Merapi Erupsi

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sejauh 600 Meter, Mengarah ke Hulu Kali Krasak dan Boyong

Aktivitas erupsi Gunung Merapi kembali terjadi. Gunung setinggi 2.968 mdpl itu mengeluarkan guguran awan panas Minggu (31/1/2021) pukul 15.39 WIB.

TRIBUN JOGJA/SETYA KRISNA SUMARGA
Rentetan guguran lava dan luncuran awan panas Merapi terjadi sepanjang Rabu (27/1/2021) sejak dini hari hingga sekitar pukul 08.30 saat foto-foto ini dibuat di kawasan Sleman, DIY. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, YOGYA - Aktivitas erupsi Gunung Merapi kembali terjadi. Gunung setinggi 2.968 mdpl itu mengeluarkan guguran awan panas pada Minggu (31/1/2021) pukul 15.39 WIB.

Awan panas guguran tercatat dengan jarak luncur 600 meter ke arah barat daya.

Sementara itu, hasil pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menunjukkan gumpalan awan panas meluncur sejauh 600 meter ke arah barat atau hulu Kali Krasak dan Boyong.

"Awan panas guguran tercatat di seismograf dengan amplitudo 25 mm dan durasi 61 detik," kata Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida Minggu (31/1/2021).

Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas Guguran, Mengarah ke Hulu Kali Krasak dan Kali Boyon

Erupsi Gunung Merapi, Ini Alasan BPBD Belum Evakuasi Warga Kabupaten Magelang, Video saat Meletus

Pada hari yang sama gunung merapi mengalami rentetan erupsi lava pijar sebanyak delapan kali.

"Teramati guguran lava dengan jarak luncur 300-400 meter ke barat daya," jelasnya.

Fenomena alam itu termati sepanjang periode pengamatan pukul 06.00 - 12.00 WIB.

Rentetan guguran lava dan luncuran awan panas Merapi terjadi sepanjang Rabu (27/1/2021) sejak dini hari hingga sekitar pukul 08.30 saat foto-foto ini dibuat di kawasan Sleman, DIY. Arah angin dari barat menyebabkan abu dari awan panas tertiup ke timur. Sebaran abu dilaporkan sampai di Deles, Klaten, Jateng. Rekaman peristiwa erupsi Merapi diabadikan Rabu pagi dari persawahan Dusun Trini, Trihanggo, Gamping, Sleman, berjarak sekitar 32 kilometer dari gunung berapi itu. Pada Kamis (28/1/2021), tak terjadi erupsi guguran material vulkanik. Sementara itu kondisi cuaca terpantau mendung.
Rentetan guguran lava dan luncuran awan panas Merapi terjadi sepanjang Rabu (27/1/2021) sejak dini hari hingga sekitar pukul 08.30 saat foto-foto ini dibuat di kawasan Sleman, DIY. (TRIBUN JOGJA/SETYA KRISNA SUMARGA)

Kala itu asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan menjulang hingga setinggi 100 meter di atas puncak kawah.

Adapun aktivitas kegempaan yang tercatat adalah gempa guguran 17 kali dan gempa fase banyak satu kali.

Menimbang hasil pengamatan itu, hingga saat ini status Gunung Merapi tetap berada di level III atau Siaga sejak 5 November 2020 lalu. ( Tribunjogja.com )

Erupsi Gunung Merapi, Ini Alasan BPBD Belum Evakuasi Warga Kabupaten Magelang, Video saat Meletus

Gunung Merapi Meletus, Puluhan Kali Keluarkan Awan Panas Guguran

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul BREAKING NEWS : Erupsi Gunung Merapi, Awan Panas Sejauh 600 Meter Terpantau Sore Ini,

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved