Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Produksi dan Kini Ekspor VCO ke Malaysia, Perusahaan Ini Kini Butuh 7.000 Butir Kelapa Tua

PT DKA telah Sejak 2019 beroperasional mengolah Virgin Coconout Oil (VCO), Namun baru di 2020 ekspor VCO ke Malaysia

Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Manager Finance and Accouting (F & A) PT Daxen KJP Agro Banjarbarbaru, Lana, bersama Supervisor Produksi PT Daxen KJP Agro, Fajar Sadik menjelaskan dan menujukkan produk VCO yang bisa punya potensi Ekspor ke Malaysia dan daerah lain.  

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sejak 2019 beroperasional mengolah Virgin Coconout Oil (VCO), baru di 2020  PT Daxen KJP Agro (PT DKA), melakukan ekspor perdana dengan tujuan Malaysia sebanyak 8,1 ton dalam kemasan pail. 

Peluang ekpor VCO ini terbuka lebar. Hanya saja, sementara ini untuk bahan bakunnya, yakni kelapa tua yang standar sulit untuk dicari. 

"Memang kendala kami dibahan baku, mencarikan material kelapa tua yang standar, sudah keliling. Tahun lalu, kami dapat disuplai dari Sampit, dan harganya sesuai dengan yang memenuhi standar. Satu kelapa tua ideal 1,1 kilo per biji dihargai 2.500. Namun, kalau dibawah itu dihargai per kilo, 2.200, " kata Manager Finance and Accouting (F & A) PT Daxen KJP Agro Banjarbarbaru, Lana, Selasa (2/2/2021). 

Namun, upaya terus dilakukan PT Daxen KJP Agro untuk mencari dan pihaknya kini menurunkan tim guna mencari ke daerah-daerah yang  punya kelapa. 

Atasi Covid-19 Minyak Kelapa Murni Hingga Jambu Biji Diuji Klinis, Pil Kina Jadi Obat Corona

Dinas Pedagangan Kalsel Akan Launching Ekspor Perdana VCO ke Malaysia

"Sekarang sudah survei ke Sampit dan sudah sesuai harga, kita acc dan kemudian survei ke Batulicin," kata Lana. 

Secara hitungan, diakui Lana perusahaan masih kurang atau memerlukan 7000 biji kelapa tua lagi. 

Karena sekarang bisa diproses kapasitas 10.000 biji kelapa dengan produksi 600 Kilogram VCO perhari.  Namun, untuk saat ini baru mencapai 3.000 biji kelapa dengan produksi 175 Kg/hari.

"Kenapa harus tua, karena yang tua dan tebal akan membuat minyak ya lebih banyak. Syarat yang diterima untuk kelapa tua, warna coklat tua, dengan selaput kering keabuan. 

Usia panennya 12 bulan 1 tahun.  Bisa bertunas maximal 1 senti," sebut Lana. 

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved