Breaking News:

Berita Kalteng

Presiden Jokowi akan Ikuti Panen Raya Padi di Kawasan Food Estate Kalteng, Dijadwalkan Februari Ini

Presiden Joko Widodo dijadwalkan panen raya padi di kawasan Food Estate Desa Belanti Siam, Pulang Pisau Kalteng sekitar minggu ketiga Februari 2021

Pemprov Kalteng
Persiapan dilakukan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran bersama jajarannnya juga Kapolda Kalteng dan Komandan Korem jelang kedatangan Presiden Joko Widodo untuk pelaksanaan panen perdana di kawasan Food Estate. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan panen raya padi di kawasan Food Estate khususnya kawasan Center of Excellent di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah minggu ketiga Bulan Februari 2021 ini.

Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh instansi terkait untuk kedatangan Presiden RI yang akan melakukan panen di lokasi food estate tersebut.

Bahkan, Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dan Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo juga Komandan Korem 102 Panjupanjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto sudah memantau kawasan yang akan dikunjungi Presiden.

Penjambret Hantui Pengendara di Sampit, Tas Berisi Uang dan Ponsel Raib Dirampas

270 Ribu Ikan Tambak Terdampak Banjir, Petambak Ikan Kampung Iwak Mentaos Banjarbaru Klaim Asuransi

Mendagri Tito Karnavian Ingatkan Ditjen Dukcapil, Proaktif Bantu Korban Banjir di Kalsel

Kementerian Pertanian, melalui Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng Syamsuddin,  menegaskan, saat ini sedang dilakukan persiapan panen raya di kawasan pengembangan food estate, khususnya kawasan Center of Excellent di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

"Kami saat ini sedang menyiapkan panen raya sekitar 200-250 hektare”, kata Syamsuddin.

Syamsuddin menjelaskan, produktivitas dari hasil-hasil yang digali di lapangan sangat beragam. Namun pada prinsipnya didapatkan produksi rata rata 5-6 ton per hektare. Beberapa produktivitas yang cukup bagus seperti menggunakan varietas Inpari 42 dan beberapa lainnya.

"Ini pengakuan riil para petani yang telah melakukan panen maupun penampilan tanaman di lapangan”, ujarnya.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran meninjau langsung kawasan pengembangan food estate di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, pada Selasa (2/2/2021).

Pengembangan food estate merupakan kawasan Center of Excellent Pulang Pisau, makin menunjukkan hasil positif.

Saat ditinjau langsung oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, tanaman padi terlihat sudah siap panen dan saat ini sedang dipersiapkan panen raya.

Tanaman padi dikawasan food estate yang berada di Desa Belanti Siam siap dipanen pada minggu ketiga di Bulan Februari 2021 mendatang.

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengungkapkan, pihaknya juga melakukan kunjungan kerja ke Desa Terusan Mulya Kecamatan Bataguh Kapuas dalam rangka meninjau lahan yang digunakan untuk program food estate pemerintah pusat.

"Kami meninjau langsung bagaimana kondisi lahan program food estate yang rencananya akan ditinjau langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada minggu ketiga Bulan Februari 2021 pada saat pelaksanaan panenraya mendatang, " ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved