Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Tiket Kapal Ferindo 5 Banjarmasin ke Kabupaten Subang Jabar Dibanderol Rp 66 Ribu

Jalur pelayaran baru telah dibuka, yaitu dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalsel tujuan Pelabuhan Patimban Kabupaten Subang Jabar.

BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Jalur pelayaran pulang pergin (pp) KMP Ferrindo 5 dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, tujuan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelindo III Banjarmasin bersama  PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan ( PT ASDP ) Indonesia Feri (Persero) di bawah BUMN Kementerian Perhubungan membuka rute baru.

Jalur pulang perginya (pp) adalah dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, tujuan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Dengan demikian, menambah long trip KMP Ferrindo 5. Sebelumnya, sudah ada jalur pelayaran rute Pelabuhan Patimban-Panjang (Lampung) dan Patimban-Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

Regional Manager SDM & Umum, Pelindo III regional Kalimantan, Wahyu Eko Yulianto, mengatakan, dengan adanya rute ini semakin memenuhi pengiriman barang atau logistik via jalur laut bersama KMP Ferindo Lima.

ASDP Batulicin Operasikan Kapal Ke Sulawesi dan Rute Baru Banjarmasin - Patimban Jabar

Bagikan Paket Sembako Langsung ke Lapangan, Pelindo III Bantu Korban Banjir Kalimantan Selatan

Untuk tarif atau harga tiket, dijelaskan dia, cukup terjangkau. Penumpang orang dewasa tujuan Patimban-Banjarmasin hanya Rp 66.000, bayi Rp 8.400, kendaraan golongan I Rp 90.000, golongan II Rp 160.000, golongan III Rp 343.000, golongan IV penumpang Rp 2.134.000, golongan IV barang Rp 1.808.000.

Dijelaskan dia, pertimbangan dibukanya rute baru ini untuk memperbanyak pelayanan jasa di bidang pelayaran yang selama ini belum ada pada rute tersebut. 

Masih kata Wahyu Eko Yulianto, dalam pelaksanaannya, rute Patimban-Banjarmasin dan sebaliknya akan dilayani dua kali pelayaran dalam satu bulan. 

Sedangkan rute Patimban-Panjang dan sebaliknya akan dilayani dua kali pelayaran dalam satu bulan. Kemudian, Patimban-Pontianak juga dilayani dua kali dalam satu bulan.

VIDEO Frekuensi Penumpang Kapal Laut dari Pelabuhan Sampit ke Tanjung Perak Surabaya Alami Kenaikan

Maksimalkan PAD Jasa Pelabuhan, Komisi III DPRD Kalsel Konsultasi ke PT Pelindo III

Adapun Kapal yang disiapkan PT ASDP untuk melayani pelayaran pada rute tersebut, yakni KMP Ferrindo 5 dengan kapasitas penumpang mencapai 56 orang, kendaraan roda empat dan sejenisnya mencapai 109 unit. 

Menurutnya, rute baru tersebut akan membuat banyak pihak diuntungkan. Salah satunya adalah pengusaha yang awalnya saat mengirim barang dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan atau sebaliknya, harus melewati Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Namun dengan dibukanya rute baru tersebut akan mampu menghemat biaya operasional karena kapal dari Patimban tujuan Kalimantan dan sebaliknya, tidak perlu transit ke Pelabuhan Surabaya," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved