Breaking News:

Berita Banjarbaru

VIDEO Pondok Pesantren Lakukan Budi Daya Haruan Dapat Dukungan BI Kalsel

Pondok pesantren Wali Songo di Banjarbaru, Kalsel, budi daya ikan haruan dan akan mengajak anggota Hebitren melakukan usaha yang sama.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Himpunan Ekonomi Pondok Pesantren ( Hebitren ) telah dibentuk November 2020.

Sebagai tindak lanjut nyata, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan ( KPw BI Kalsel ) mendorong Hebitren dan Kelompok Pembudidaya-Ikan Kecil ( Pokdakan ) membentuk kelompok inti dan plasma budi daya ikan haruan di pesantren-pesantren yang ada di Kalsel.

Menurut KPw BI Kalsel, pihak yang sudah melakukan bisnis ikan haruan ini adalah Ponpes Wali Songo.

Alasan lain memajukan budi daya ikan haruan, karena beberapa kali dalam rilis Badan Pusat Statistik (BPS), ikan jenis ini menjadi salah satu penyebab inflasi.

"Karena itu, dalam rangka mengembangkan ekonomi masyarakat melalui pondok pesantren, sekaligus dalam pengendalian inflasi, program pengembangan model seperti ini perlu kita dukung," kata Amanlison Sembiring, Kepala KPw BI Kalsel, Kamis (4/2/2021).

Majukan Ekonomi Pesantren, KPw BI Kalsel dan Hebitren Kembangkan Produk Ikan Gabus dan Patin

Dorong Pemulihan Ekonomi UMKM, KPw BI Kalsel Gelar Pelatihan Virtual

Sedangkan kaitan dengan Hebitren dan Pokdakan, sambungnya, perlu dikumpulkan menjadi satu kekuatan yang lebih dan menuju satu sinergi. Supaya, saling keterhubungan dan sama-sama berkembang dan memajukan perekonomian di masing-masing pesantren.

Di sisi lainnya, haruan mempunyai kandungan albumin yang baik untuk dikonsumsi masyarakat Kalsel, Indonesia dan dan luar negeri.

"Bahkan, bisa jadi Kalsel nanti menjadi eksportir bahan dari haruan yang mengandung banyak albumin ini. Dan dari kajian, Kalsel sangat potensial. Sebab, area Kalsel banyak rawa-rawa yang merupakan habitat ikan haruan," beber Amanlison Sembiring.

Terlebih, Kalsel tidak bisa bertopang seterusnya pada sektor batu bara dan CPO. "Kami akan terus mendukung, misal tenaganya dengan dilatih, sarana prasarana melalui CSR BI dan sejenisnya terkait program bisnis ikan haruan pada pesantren ini," imbuh dia.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved