Breaking News:

Wisata Rumah Lanting

Rumah Lanting di Banjarmasin, Wisata Kalsel Jadi Buruan untuk Spot Foto

Spot wisata Kalsel Rumah Lanting berbentuk sebuah rumah khas masyarakat Banjar, dan terapung di atas Sungai Martapura, yang membelah Kota Banjarmasin.

banjarmasinpost.co.id/frans
Wisata Kalsel Rumah Lanting yang beralamat di Jalan Teluk Masjid Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Spot wisata Kalsel Rumah Lanting berbentuk sebuah rumah khas masyarakat Banjar, dan terapung di atas Sungai Martapura, yang membelah Kota Banjarmasin.

Rumah Lanting diadaptasi dari salah satu budaya sungai masyarakat Banjar, yakni membangun rumah yang mengapung di pinggiran sungai.

Rumah Lanting ini berbahan dasar dari log kayu, yang kemudian berfungsi agar bangunan utamanya bisa tetap terapung di atas air.

Travel - Wisata Rumah Lanting di Banjarmasin

Rangka utama Rumah Lanting ini berupa kayu dengan tiang, dinding dan lantai dari kayu ulin.

Kemudian pada bagian atap menggunakan rangka baja ringan dan penutup atap berupa genteng metal motif minimalis sehingga menimbulkan kesan lebih modern.

Luas total bangunan adalah 9 x 11 meter, dengan rangka bawah menggunakan kayu log berdiameter satu meter kemudian panjangnya 11 meter ditambah dengan drum sebanyak 28 buah.

Konsep bentuk bangunan bergaya kontemporer dengan mengambil bentukan atap pelana rumah Banjar dengan sedikit dimodifikasi agar terkesan berbeda dari yang lainnya dan ornamennya juga menimbulkan kesan modern.

Rumah Lanting ini dicat warna kecokelatan, sehingga terlihat cukup minimalis, bahkan sangat cocok menjadi spot foto atau yang diistilahkan instagrammable.

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Bromo, Hamdani, sejak dibuka untuk umum, Rumah Lanting ini kerap dikunjungi masyarakat.

"Biasanya akhir pekan pengunjungnya lebih ramai. Biasanya para goweser juga ke sini, dan mereka biasanya selfie," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved