Breaking News:

Berita HSU

VIDEO Bupati HSU H Abdul Wahid HK Kendarai Ambulans Seharga Rp 1,5 Miliar

Pemkab HSU serahkan 1 ambulans untuk RSUD Pambalah Batung dan 2 ambulans untuk Dinkes yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Dua instansi di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, memiliki ambulans baru.

Masing-masing, 2 mobil untuk Dinkes HSU dan satu mobil untuk RSUD Pambalah Batung.

Namun, sebelum itu, sebuah ambulans baru tersebut dibawa Bupati HSU H Abdul Wahid HK.

Bukan untuk dimiliki, tapi hanya sekadar mencoba, dikendarai keliling Kota Amuntai. Setelah itu, barulah diserahkan secara resmi. Tiga mobil ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Pemkab HSU Tambah 3 Unit Ambulans, Beroperasi 24 Jam Layani Pertolongan Darurat Kesehatan Masyarakat

VIDEO Jembatan Putus Akibat Tertabrak Sampah di Pulantani Kabupaten HSU

Ambulans yang diserahkan ke RSUD Pembalah Batung dikhususkan untuk layanan darurat penanganan Covid-19, harga Rp 1,5 miliar. Sedangkan ambulans untuk Dinkes HSU harganya Rp 750 juta per unit.

"Ini dibeli dari anggaran refocusing Covid-19. Jadi, pemerintah pusat memberikan alokasi anggaran pada kita dan kita menggunakannya untuk penanganan terutama Covid-19," ungkap H Wahid HK.

Kendaraan tersebut merupakan fasilitas tambahan untuk melengkapi pelayanan laboratorium PCR yang ada di Kabupaten HSU, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan terutama selama pandemi.

"Sekaligis untuk menambah fasilitas VIP, ketika memerlukan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Direktur RSUD Pambalah Batung, dr Yandi Friandi, menambahkan, keunggulan lain dari ambulans baru ini adalah dilengkapi peralatan operasi.

Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), H Abdul Wahid HK, saat berada di bagian dalam ambulans untuk RSUD Pambalah Batung seharga Rp 15 miliar yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat, Kamis (4/2/2021).
Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), H Abdul Wahid HK, saat berada di bagian dalam ambulans untuk RSUD Pambalah Batung seharga Rp 15 miliar yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat, Kamis (4/2/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI)

"Mobil ini juga dilengkapi alat bantu pernapasan, virus sterilizer dan mesin penyedot udara. Ketika menangani penderita Covid-19 di dalam ambulans ini, virusnya tidak akan menyebarkan kemana-mana" urai Yandi.

(Banjarmasinpost.co.id /Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved