Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

VIDEO Warga Landasan Ulin Kota Banjarbaru Ini Olah Ban Bekas Jadi Meja dan Kursi

Pembuatan meja dan kursi dari ban bekas terdapat di Jalan Trikora, dekat simpang empat Peramuan, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalsel.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Ban Bekas bisa dibuat menjadi barang kreasi yang menghasilkan uang.

Seperti yang dilakukan Usman Effendi di Kota Banjarbaru, mengumpulkan Ban Bekas yang kemudian dijadikan meja dan kursi untuk perabotan rumah.

Dari olahannya, kini sudah mencapai ribuan set dan sudah terjual dan tersebar di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Warna dan motif bisa dipesan sesuai keinginan pemesan dan bisa diorder dengan bahan busa dan jenis sofa," kata pemilik Toko Dania di Jalan Trikora, dekat simpang empat Peramuan, Landasan Ulin, Banjarbaru, ini.

Ujian Nasional Diganti Asesmen ini Kata Kepala SMPN 8 Banjarbaru

VIDEO Melihat Kompleks Tukang Pijat di Rumah Disabilitas Banjarbaru

Guna menyiasati agar penjualan terus mengalir, maka dia menurunkan sales untuk kirim ke toko dan jualan keliling pakai mobil pikap.

"Sales saya seminggu sekali ke Batulicin, Muara Meweh, pakai pikap. Alhamdulillah sehari ada terjual tiga sampai set terjual, ya lumayan," kata Usman Effendi kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (7/2/2021).

Dijelaskan dia, dri lokasi tempat produksi di tokonya ia mampu menghasilkan empat sampai lima set kursi dari Ban Bekas tersebut.

Dalam satu set, dia menjual seharga Rp 800.000 (empat kursi satu meja) hingga Rp 900.000.

Kampung Pengayuan Lianganggang Banjarbaru Masih Digenangi Banjir, Warga Terpaksa Cari Kontrakan

KalselPedia - Diskominfo Banjarbaru Siapkan Ruang Training IT

"Saya belajar dari teman. Kemudian saya tekuni karena di Banjarbaru masih belum ada. Memang perlu keahlian khusus karena harus membelah ban dan membuat tali yang dikreasi sedemikian rupa dijadikan kursi dan meja," urainya.

Bahkan, bukan hanya itu saja, dirinya juga kini melatih para warga binaan di Lapas Banjarbaru untuk mendalami dan mengerjakan kerajinan serupa.

"Benar, di Lapas Banjarbaru itu adalah binaan kami. Jadi, di Lapas, Alhamdulillah juga bisa berkembang," kata dia.

Pekerja sedang membuat meja dan kursi dari ban di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (7/2/2021).
Pekerja sedang membuat meja dan kursi dari ban di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (7/2/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA)

Diakuinya memang dampak Covid-19 membuat penjualan pun menurun. "Tapi kami tak pernah menyerah untuk memasarkan. Semoga, usaha yang ada, bisa bermanfaat," doanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved