Breaking News:

DPRD Kotabaru

Soal Kesenjangan Tenaga Kerja di Kotabaru, Rabbiansyah: Daerah Masih Bisa Intervensi Perusahaan

Komisi I DPRD Kotabaru membidangi soal ketenagakerjaan menyoroti perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kotabaru.

banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Rapat dengar pendapat terkait rekrut tenaga kerja di perusahaan pertambangan di Pulaulaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Komisi I DPRD Kotabaru membidangi soal ketenagakerjaan menyoroti perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kotabaru.

Dewan meminta agar seluruh perusahaan yang ditengarai bermasalah soal penyerapan tenaga kerja diundang ke DPRD Kotabaru dalam rapat dengar pendapat (RDP).

Penyampaian itu dikemukakan Sekretaris Komisi I Rabbiansyah saat RDP, kemarin terkait kesenjangan perekrutan karyawan di salah satu perusahaan tambang di Pulaulaut Tengah, Kotabaru.

"Ada ratusan perusahaan beroperasi di Kotabaru. Saya minta semua 'didudukan' di sini (DPRD), perusahaan bermasalah tenaga kerja," ungkap Robby panggilan Rabbiansyah.

Dikemukakan dia, saat mengapresiasi keluhan para Kepala Desa di Kecamatan Pulaulaut Tengah. Oleh minimnya penyerapan tenaga kerja lokal di salah satu perusahaan tambang tersebut.

Masukan dan masukan dikemukakan Rabbiansyah, mencuat setelah terbesit dalam pembahasan RDP, beberapa persoalan dikeluhkan kades tidak bisa diakomodir kabupaten. Dengan dasar, karena kewenangan pemerintah pusat dan provinsi.

"Memang soal pertambangan kewenangan pusat. Tapi masih ada juga masih menjadi kewenangan kabupaten. Nah, disitu daerah bisa melakukan intervensi kepada perusahaan," sambung Rabbiansyah.

"Dengan intervensi itu, bila perusahaan tidak mau. Jangan diproses izin jadi kewenangan kabupaten," lanjut Rabbiansyah dengan suara lantang.

Selain meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mendata ulang tenaga kerja terserap di perusahaan. Terlebih perusahaan tambang yang beroperasi di Pulaulaut Tengah.

Permintaan Rabbiansyah, karena data dimiliki Disnakertrans berbeda dengan laporan disampaikan Kepala Desa Selaru dan Kepala Desa Sungup Kanan. (AOL/*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved