Breaking News:

Berita Kalteng

Musrenbang Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas Serap 104 Usulan, Didominasi Bidang Infrastruktur

Musrenbang Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah serap sebanyap 105 usulan yang didominasi masalah infrastruktur

Kecamatan Bataguh
Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawan mewakili Bupati saat membuka Musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan telah digelar di Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Bidang infrastruktur mendominasi usulan saat musrenbang yang dibuka Kepala Dinas Sosial Kapuas Budi Kurniawan mewakili Bupati, bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Bataguh, Selasa (9/2/2021).

Hal tersebut disampaikan pula oleh Camat Bataguh, Yan Safriansyah. Ia menerangkan dari Musrenbang yang telah dilaksanakan terdapat sebanyak 105 usulan.

"Terdiri dari bidang infrastruktur 44 usulan, bidang pendidikan 8 usulan, bidang kesehatan 16 usulan, bidang ekonomi dan pemberdayaan sebanyak 30 usulan dan bidang lainnya 7 kegiatan," katanya, Rabu (10/2/2021).

Empat Kelompok Tani Food Estate Pulang Pisau Kalteng Dapat Klaim Asuransi Rp361 Juta

Masa Jabatan Gubernur Kalsel dan Wagub Kalsel Segera Berakhir, DPRD Kalsel Gelar Rapat Paripurna

Banjir Kalsel, Pemulihan Pascabencana Banjir di Balangan, BPBD Balangan Koordinir Penyaluran Bantuan

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawan saat membuka kegiatan menyampaikan Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas.

Yang mana tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten serta sebagai bagian dari tahapan proses penyusunan RKPD Kabupaten.

Melibatkan masyarakat dengan pendekatan perencanaan dari atas kebawah serta dari bawah ke atas dalam hirarki Pemerintahan.

"Terwujudnya harmonisasi dan sinergitas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat, swasta dan dunia usaha menjadi tujuan utama dalam pelaksanaan musrenbang kecamatan ini yang semuanya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas,” jelasnya.

Ia pun mengingatkan pentingnya harmonisasi dan sinegritas program pembangunan antar jenjang pemerintahan, masyarakat, swasta dan dunia usaha sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dimana memerlukan pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan ekonomi daerah melalui penunjang utama.

"Yaitu dengan melakukan percepatan pembangunan dan pengembangan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, air bersih, sanitasi, listrik, telekomunikasi, pelabuhan dan lain-lain," pungkasnya.

Hadir pula saat kegiatan musrenbang, anggota DPRD Kapuas Dapil V, perwakilan Kepala Bappeda Kapuas, Plt Kepala Disdukcapil Kapuas, Unsur Tripika Kecamatan Selat/Bataguh, Lurah/Kepala Desa se Kecamatan Bataguh dan Damang/Mantir, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved