Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Perpustakaan Khusus Santri dan Penyandang Disabilitas Netra Ada di Kota Martapura

Perpustakaan untuk santri dan kaum disabilitas netra beada di Kantor Dispersip Kabupaten Banjar, Kelurahan Pesayangan, Kota Martapura, Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Buku-buku untuk para santri dan kaum disabilitas netra di salah satu rungan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar, Kelurahan Pesayangan, Kota Martapura, Kalimantan Selatan, Kamis (11/2/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -  Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) menyediakan pojok baca, Kamis (11/2/2021).

Pojok Kitab diadakan untuk para santri di Kabupaten Banjar yang ingin mempelajari kitab kuning atau kitab klasik berbahasa Arab.

Kemudian, ada juga Pojok Braile untuk penyandang disabilitas netra yang ingin berlajar wawasan keagamaan Islam dan belajar membaca Al-Qur'an.

Perpustakaan untuk santri dan kaum disabilitas netra itu berada di lingkungan Kantor Dispersip Kabupaten Banjar, Kelurahan Pesayangan, Kota Martapura.

VIDEO Menteri Pertanian Kunjungi Kabupaten Banjar, Bantu 10 Truk Sembako dan Benih Padi Petani

Kepala LPKA Martapura Ingatkan Andikpas, Kedapatan Simpan Barang Terlarang Terancam tak Dapat Remisi

Pojok Kitab diberi nama Muzakaroh dan Pojok Braile diberi nama Qurratul Ain oleh Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, sekaligus meresmikan kedua pojok baca tersebut.

Bupati Banjar H Khalilurrahman bersyukur dan berharap keberadaan kedua pojok baca tersebut dapat meningkatkan minat baca masyarakat,  termasuk masyarakat penyandang disabilitas netra

"Sekarang, sudah mempunyai pojok baca untuk penyandang disabilitas netra.  Mudah-mudahan dapat bermanfaat," harapnya.

Kepala Dispersip Kabupaten Banjar, Yasna Khairina, mengatakan, pojok kitab berisi kitab gundul dan pojok Braile untuk kepentingan para penyandang disabilitas netra. 

VIDEO Warga Cempaka Merasa Nyaman Tersedia Air Siap Minum di Masjid Agung Al Karomah Martapura

KalselPedia - Inilah Beragam Objek Wisata di Kabupaten Banjar

"Dinamai Muzakaroh sebagai tempat diskusi dan Qurratul Ain, artinya mata yang sejuk. Meski tidak bisa melihat dengan sempurna, dengan adanya braile, mereka dapat membaca seperti orang yang sempurna," katanya.

Keberadaan Pojok Kitab dan Pojok Braile itu sebagai sarana promosi bagi peminat perpustakaan karena usianya pengetahuan agama Islam dan cara baca braile sendiri. 

Koleksi kitab berbahasa arab itu untuk kalangan santri didanai dari APBD Kabupaten Banjar sesuai aspirasi santri.

Sedangkan koleksi buku huruf braile untuk penyandang disabilitas netra, merupakan bantuan hibah dari Balai Literasi Braile Indonesia di Cimahi Jawa Barat.

BBPJN XI Banjarmasin Siapkan Pengganti 2 Jembatan yang Putus Akibat Banjir

Kader Posyandu Teluk Selong Kabupaten Banjar Cari Balita untuk Ditimbang

"Kebanyakan yang berkunjung di Perpustakaan dari kalangan santri. Mereka memberi usulan dan kami mengaku dari masyarakat sehingga kami sediakan Pojok Kitab dan Pojok Braile," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved