Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Dewan Dukung Penuntasan Jalan Jepang, Penghubung Pagatanbesar-Ranggang Tala

Ada jalan alternatif yang menghubungkan Pagatanbesar ke Desa Ranggangdalam Kecamatan Takisung. Warga menyebutkan jalan Jepang

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Banyaknya infrastruktur yang rusak terdampak bencana alam 2021 di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), mendorong pemangku kebijakan setempat memperbanyak jalur alternatif.

Tak cuma jalur alternatif di jalan nasional maupun provinsi, tapi juga di jalan kabupaten maupun desa. Hal ini sekarang sedang menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Tala maupun wakil rakyat setempat.

Kalangan masyarakat Tala pun berharap infrastruktur kian diperkuat agar ketika terjadi bencana alam yang menyebabkan kerusakan jalan maupun jembatan, ada jalur-jalur alternatif yang layak dilintasi.

"Bencana alam yang begitu besar tahun ini benar-benar membuka mata kita bersama, betapa teramat pentingnya memperbanyak jalan dan merawatnya hingga yang ada di kampung sekali pun," ucap Syukraeni, warga Pelaihari, Kamis (1/2/2021).

VIDEO Banjir di Kalsel, Jembatan Putus Jalan Trans Kalimantan di Kabupaten Tala Diperbaiki

VIDEO Banjir di Kalsel 2021, Jembatan Putus di Jalan Trans Kalimantan Ganggu Akses 3 Provinsi

Seperti halnya jalur jalan poros kecamatan Takisung yang terhubung ke Kecamatan Kurau yang juga sempat terputus oleh gerusan arus deras banjir pertengahan Januari lalu.

Sepanjang sekitar 30 meter badan jalan setempat, di wilayah Desa Pagatanbesar dekat perbatasan Desa Takisung, runtuh total hingga membentuk alur sungai.

Selama beberapa hari, warga Pagatanbesar dan Tabanio nyaris terisolasi. Saat itu warga setempat jika ingin bepergian ke pasar di Takisung maupun di Desa Gunungmakmur atau ke Kota Pelaihari mesti menaiki jasa kelotok penyeberangan.

Namun kini jalan yang putus tersebut telah tersambung melalui penanganan darurat yang dilaksanakan secara cepat oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) Tala.

Warga setempat menuturkan, sebenarnya ada jalan tembusan yang menghubungkan Pagatanbesar ke Desa Ranggangdalam Kecamatan Takisung. Namun masih ada beberapa kilometer yang belum tersambung. Warga setempat menyebutnya Jalan Jepang.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved