Breaking News:

Serba Serbi Rutan Kualakapuas

Kerjasama dengan Kemenag, Rutan Kualakapuas Akan Gelar MTQ Pemasyarakatan se-Kalteng

Rutan) Kelas IIB Kualakapuas bersinergi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas akan menggelar MTQ di Rutan.

Rutan kualakapuas untuk BPost
Kepala Rutan Kelas II B Kualakapuas, Toni dan jajaran saat koordinasi dengan Kemenag Kapuas beberapa waktu lalu. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan festival keagamaan Islam yang melombakan membaca Alquran dengan lagu.

Selain lomba membaca Alquran, terdapat lomba-lomba lain, misalnya, adzan juga termasuk dalam pelaksanaan MTQ.

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kualakapuas bersinergi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas akan menggelar MTQ di Rutan.

Awal bulan Februari 2021 tadi, Kepala Rutan dan perwakilan dari Kemenag membahas pendalaman materi MTQ.

Baca juga: Dikerjakan Warga Binaan, Rutan Kualakapuas Bisa Produksi Batako 300 Biji Per Hari

Baca juga: Rutan Kuala Kapuas Ajak Warga Binaan Budidaya Ikan Patin

Baca juga: Program Ketahanan Pangan Resolusi Pemasyarakatan, Rutan Kualakapuas Tanam Padi IR 64

Kepala Rutan, Toni Aji Priyanto, didampingi oleh Kepala Subseksi Pengelolaan, Agoes, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Wahyu Cahyadi dan Tim Humas menyambut baik kedatangan pegawai dari Kemenag tersebut.

Toni menyampaikan beberapa poin penting tentang rencana Rutan Kuala Kapuas menggelar MTQ ini.

"Rencananya kegiatan MTQ ini akan digelar pada bulan Oktober tahun ini, seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kalimantan Tengah akan diundang untuk memeriahkan MTQ," kata Toni.

Lomba-lomba yang rencananya akan dimasukkan dalam daftar adalah lomba yakni membaca Alquran, lomba adzan dan lomba-lomba lain yang berkaitan dengan keagamaan.

Selain membahas tentang MTQ, pertemuan ini juga membahas tentang majelis ta’lim di Rutan Kuala Kapuas yang dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis di Masjid At-Taubah.

Baca juga: Warga Binaan Kualakapuas Diajari Budidaya Jamur Tiram

Kegiatan majelis ta’lim ini merupakan kegiatan pembinaan yang wajib diikuti oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Majelis ta’lim ini nanti kami wajibkan bagi seluruh WBP secara bergiliran. Belajar mengaji kan kegiatan positif, saat mereka bebas nanti harus bisa baca Alquran bagi yang muslim. Sehingga ada perubahan lebih baik dan saya yakin keluarga di rumah dan masyarakat setuju dengan pembinaan ini. Nanti kalau mereka tidak mau belajar ngaji kami kirim saja mereka ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)," ungkap Karutan. (Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved