Breaking News:

Bumi Bersujud

Penanaman Pohon Ulin Serentak se Kalsel, Pemkab Tanbu dan KPH Kusan Tanam 1.000 Bibit Ulin

Pemkab Tanbu dan KPH Kusan melakukan penanaman 1.000 Bibit pohon Ulin. Penanaman ini merupakan bagian program penanaman 10.000 bibit ulin di Kalsel

banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Sekda Tanbu H Ambo Sakka, saat tanam pohon ulin di Taman Kota KPH Kusan. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) H Ambo Sakka, pimpin penanaman 1.000 pohon Ulin di KPH Kusan.

Penanaman pohon ini, merupakan bagian dari program penanaman serentak 10.000 bibit pohon Ulin se Kalsel.

Kepala Seksi Perlindungan Hutan KPH Kusan, Dawan, mengatakan program revolusi hijau ini adalah upaya untuk memperbaiki lahan kritis dan tutupan lahan serta memperbaiki lingkungan  untuk anak cucu kita semua.

Penanaman yang dilakukan kali ini menggunakan jenis bibit  endemic ( Ulin) kalimantan selatan .

Di Tanahbumbu sendiri dialokasikan sebanyak 1.000 batang dengan 3 titik penanaman.

" Tiga lokasi yang direncanakan penanaman yakni di kawasan Wisata Gua Liang Bangkai Mentewe, Teluk Kepayang dan Taman Kota Batulicin ini. Kemudian satu lokasi lagi  masih dikomunikasikan yakni kawasan Bumi Perkemahan di Angsana," sebut Dawan.

Menurutnya, manfaat penanaman ini adalah untuk mengatasi lahan kritis, dan melestarikan jenis pohon endemic dari kepunahan .

Pilihan jenis ulin yang di tanam karena merupakan pohon jenis endemik sehinga perlu dilestarikan keberadaannya, untuk menghindari kepunahan Pohon Ulin ini.

"Luas lahan kritis sd sangat kritis 67.008 ha di wilayah KPH Kusan. Jumlah penanaman serimonial hari ini 70 batang bibit ulin. Selain hari ini juga sudah merupakan kegiatan rutin penanaman pohon  dilaksanakan oleh KPH Kusan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel," katanya

Halaman
12
Penulis: Man Hidayat
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved