Breaking News:

Berita HST

Sumur Masih Tertutup Lumpur, Warga Desa Alat HST Terbantu Tim WASH PMI Pasok Air Tiap Hari

Air bersih masih sulit, warga Desa Alat HST terbantu dengan kegiatan distribusi air bersih oleh relawan PMI untuk keperluan memasak dan minum

Penulis: Hanani | Editor: Eka Dinayanti
PMI HST untuk banjarmasin post
Tim WASH PMI Hulu Sungai Tengah menggunakan mobil tangki, tiap hari mendistribusikan air bersih ke desa-desa terdampak parah banjir bandang seperti Desa Alat, Kecamatan Hantakan 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Krisis air bersih yang dialami warga Desa Alat Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah pascabanjir bandang, teratasi dengan distribusi air yang tiap hari dipasok oleh Tim Wash PMI HST.

Mariyana (60) warga RT 02 RW 05 Desa Alat mengatakan, sangat terbantu dengan kegiatan distribusi air bersih oleh PMI untuk keperluan memasak dan minum.

"Kami dan warga disini membutuhkan air bersih untuk memasak, soalnya sumur kami rusak diterjang banjir dan belum selesai digali. Sedangkan air sungai sendiri, lebih sering keruh, dan baru mulai Kamis kemarin sedikit jernih karena tidak ada hujan selama dua hari. Jika hujan lagi, tanah longsor masih turun ke sungai,” kata Mariyana, yang rumah dan tanahnya hilang saat banjir bandang.

Dijelaskan, sementara ini, warga menggunakan timba untuk menampung air.

Atasi Krisis Air Bersih, Tiap Hari PMI HST Distribusikan Ribuan Liter ke Desa Terparah

Barabaimuda Bangun Huntara untuk Korban Banjir HST Kalsel

Dukung Pembangunan Rumah Lia Bocah Yatim Piatu di HST, Koramil Pagat Terjunkan Babinsa

Warga pun sangat membutuhkan tandon, agar bisa menampung air bersih lebih banyak untuk stok kebutuhan memasak dan minum serta berwudhu.

“Kami sangat berterimakasih dengan PMI yang terus membantu kebutuhan air bersih kami saat ini,” katanya.

Sebelumnya posko Tanggap darurat bencana (TDB) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten HST mengerahkan 57 personel untuk membantu meringankan beban korban terdampak banjir bandang.

Mereka membuka layanan Dapur Umum, Wash, PSP, Pelayanan Kesehatan, Assesment, Distribusi Logistik dan akan diperkuat tim shelter.

Berdasarkan data dan informasi TDB, tercatat tim Wash telah mendistribusikan 174.176 liter air bersih, sedangkan distribusi bantuan logistik telah terdistribusi hygiene kit 902 paket, selimut 41, family kit 18 paket, kitchen set 22, baby kit 61, parcel food 3.747 paket, cleaning kit 49, karpet 21, tandon 1, terpal 15, selimut 41, dapur umum 2655 paket dan layanan PSP 615 jiwa.

Banjir bandang menerjang 10 kecamatan dari 11 Kecamatan di HST.

Sebanyak 75 desa berdampak terhadap 87.506 jiwa.

Sebanyak 1.219 jiwa mengungsi dan 10 orang dinyatakan meninggal akibat bencana banjir bandang yang menimbulkan kerugian besar tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved