Breaking News:

Berita Banjarbaru

Hari ini Roy Rizali Anwar Resmi Menjabat sebagai Plh Gubernur Kalsel

Masa jabatan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor habis, PJ Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar menjabat Plh Gubernur Kalsel hingga 15 atau 16 Februari

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Hari ini Sabtu (13/2/2021) PJ Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar resmi menjabat sebagai Plh Gubernur Kalsel usai masa jabatan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor habis di Jumat (12/2/2021) pukul 00.00 selesai.

Roy mengisi jabatan Plh Gubernur Kalsel hingga sekitar tanggal 15 atau 16 Februari 2021, saat hasil putusan sela di Mahkamah Konstitusi.

Kabag Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Pemprov Kalsel, Wirayudha Perdana mengatakan jika putusan nanti berlanjut ke perkara selanjutnya, maka akan ada instruksi lagi dari Mendagri terkait penunjukan untuk mengisi jabatan gubernur.

Ketika diisi oleh Pj Gubernur, maka secara otomatis Plh Gubernur Kalsel akan berakhir, seiring dilantiknya Pj Gubernur Kalsel oleh Mendagri.

Baca juga: Masa Jabatan Gubernur Kalsel dan Wagub Kalsel Segera Berakhir, DPRD Kalsel Gelar Rapat Paripurna

Baca juga: Gubernur Kalsel Dianugerahi Pena Emas PWI, 9 Wartawan Raih PCNO di Hari Pers Nasional 2021

Nantinya ujar Wirayudha akan ditunjuk pejabat eselon satu Kemendagri yang akan menjadi penjabat gubernur.

"Jika sengketa gubernur tidak dilanjutkan oleh MK maka dari DPRD provinsi akan melakukan pengusulan pengangkatan," ujarnya.

Ia pun membenarkan jika sejak pukul 00.00 tadi malam jabatan gubernur sudah diisi Plh Gubernur Kalsel yakni PJ Sekda Kalsel.

Ditunjuknya PJ Sekda Kalsel Roy Rizali Anwar menjadi Plh mengacu pada keputusan Menteri Dalam (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melalui telegram khusus bernomor 121/672/SJ pada tanggal 10 Februari tadi dengan perintah amat segera.

Dalam surat tersebut menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) di daerah, yang mana Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) ditunjuk sebagai Plh Gubernur sampai dengan dilantiknya kepala daerah atau adanya Penjabat Gubernur yang dilantik.

Banjarmasinpost.co.id/milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved